Menu

Kenapa Kita Harus Membayar Zakat?

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Membayar zakat bagi kaum muslim itu wajib seperti yang sudah tercantum dalam Rukun Islam yang ke 4, tapi masih banyak yang bertanya tanya kenapa kita harus membayar zakat?, dan apa saja manfaat berzakat bagi kaum muslim selain menggugurkan kewajibannya.

Oke di sini saya akan berbagi tentang beberapa manfaat  zakat untuk kita

1.Menyempurnakan Iman

Membayar zakat adalah salah satu Rukun Islam yang harus di lengkapi, karena zakat adalah salah satu pilarnya, seperti bangunan jika salah pilarnya roboh sesuatu yang telah ditopangnya akan ikut roboh.

Ini juga termasuk bukti dari keimanan kita, dengan membayar zakat atau sedekah kita bisa meberikan harta kita tanpa mengharapkan imbalan duniawi akan tetapi ketenangan dan ketentraman hati.

2. Membersihkan hati, diri dan menengkan hati

Agama Islam mempunyai cara untuk menjauhkan dirinya dari orang-orang yang kirir, yaitu dengan membayar zakat.

kok bisa sih?

karena apabila ia sering membayar zakat atau sedekah dan telah dianggap menjadi dermawan secara tidak sengaja orang dermawan lainya akan saling membantu, dan itu menimbulkan ketenangan hati.

3. Tiket ke surga

Surga adalah tujuan terakhir yang ingin dicapai oleh seluruh umat kaum muslimin.

membayar zakat adalah salah satu cara kita untuk mendapatkan tiket masuk surga karena zakat adalah salah satu amal jariah yang bisa berkali lipat pahalanya.

Contohnya kita memberi makan bapak-bapak yang sedang kelaparan.

klw kita telusuri pahalanya bukan hanya menghilangkan laparnya tetapi membuat bapak bapak tersebut dapat mencarikan anaknya nafkah, anaknya dapat bersekolah, mendapat nilai tinggi, membelikan anaknya buku, dan menyisihkan uangnya untuk bersedekah.

dengan begitu pahala yang di didapat akan berlipat ganda.

4. Mencegah kriminalitas

kriminalitas biasanya dipacu dengan adanya sesuatu kebutuhan yang belem tepenuhi seperti perekonomian, atau masalah perut.

kenapa masalah perut?

seperti yang biasa dirasakan ketika kita sudah lapar rasanya kita berbuat sesuatu untuk mendapatkan makanan dan bagi orang-orang yang masih berfikiran pendek akan menghalalkan berbagai cara untuk mendapatkan makanan.

dari pada itu Agama islam telah diajarkan untuk membayar zakat kepada fakir dan miskin agar saling memenui kebutuhan mereka dan mengurangi jumlah kriminalitas.

4. Terbiasa membantu

Untuk teman teman yang masih belum terbiasa membantu sesama, membayar zakat atau shodakoh adalah cara tepat untuk membiasakan diri kita untuk membantu sesama atau mengikuti pembagian zakat.

disitu kita akan merasakan betapa berharganya senyuman mereka saat kita memberikan bantuanya.

meningkatkan rezeki

untuk kalian ketahui zakat itu sebenarnya adalah mensucikan kekayaan kita lo….

pada hakekatnya seluruh rezeki kita adalah milik orang lain

karena ketika kita membayar zakat kita memberikan sebagian harta kita dan kekayaan yang sudah kita berikan tidak akan berkurang karena amal malah berlipat ganda.

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Informasi Perubahan Kalender Pendidikan Tahun 2019-2020 Kelas 3 TMI Darunnajah Jakarta

Perihal  : Informasi Perubahan Kalender Pendidikan  Tahun 2019/2020                                  31 Maret 2020                                                                 Yang terhormat, Bapak/Ibu Orang Tua Santri Kelas III