Zakat Dalam Al-Quran

7 keutamaan sholat dhuha
7 keutamaan sholat dhuha

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
Share on telegram

Zakat adalah salah satu kewajiban yang wajib dilakukan oleh seorang muslim, Zakat merupakan rukun islam yang disandingkan dengan syahadat, sholat, puasa, dan haji.

Didalam perkara zakat, Para ulama bersepakat (berijma’) bahwa siapa yang menentang dan mengingkari kewajiban zakat, maka ia telah kafir dan murtad dari Islam. Karena ini adalah perkara ma’lum minad diini bid doruroh, yaitu sudah diketahui akan wajibnya.

Kata “Zakat” tertera sebanyak 30 kali dalam alquran yang terdapat di berbagai surat. Dari jumlah tersebut, ada 27 pengulangan kata “Zakat” yang disandingkan dengan kata “Shalat” dalam satu ayat. Berikut ini beberapa ayat alquran tentang zakat yang menunjukkan tingginya kedudukan zakat dalam islam.

وَلَا تَلْبِسُوا الْحَقَّ بِالْبَاطِلِ وَتَكْتُمُوا الْحَقَّ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ * وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ

Dan janganlah kamu mencampuradukkan kebenaran dengan kebatilan dan (janganlah) kamu menyembunyikan kebenaran, sedangkan kamu mengetahuinya. (42) Dan tegakkanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah bersama orang-orang yang rukuk. (43) – (Q.S Al-Baqarah: 42-43)

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَمَا تُقَدِّمُوا لِأَنْفُسِكُمْ مِنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِنْدَ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

Dan tegakkanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan segala kebaikan yang kamu kerjakan untuk dirimu, kamu akan mendapatkannya (pahala) di sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat terhadap apa yang kamu kerjakan. – (Q.S Al-Baqarah: 110)

فَإِنْ تَابُوا وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَآتَوُا الزَّكَاةَ فَإِخْوَانُكُمْ فِي الدِّينِ وَنُفَصِّلُ الْآيَاتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ

Dan jika mereka bertaubat, menegakkan shalat dan menunaikan zakat, maka (berarti mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama. Kami menjelaskan secara rinci ayat-ayat itu bagi orang-orang yang mengetahui. – (Q.S At-Taubah: 11)

قَالَ إِنِّي عَبْدُ اللَّهِ آتَانِيَ الْكِتَابَ وَجَعَلَنِي نَبِيًّا * وَجَعَلَنِي مُبَارَكًا أَيْنَ مَا كُنْتُ وَأَوْصَانِي بِالصَّلَاةِ وَالزَّكَاةِ مَا دُمْتُ حَيًّا

Dia (Isa) berkata, “Sesungguhnya aku adalah hamba Allah, Dia memberiku Kitab (Injil) dan Dia menjadikanku seorang Nabi. (30) Dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkahi di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku untuk (melaksanakan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup. (31) – (Q.S Maryam: 30-31)

قَدْ أَفْلَحَ مَنْ تَزَكَّى * وَذَكَرَ اسْمَ رَبِّهِ فَصَلَّى

Sungguh beruntung orang yang menyucikan diri (dengan beriman), (14) dan mengingat nama Tuhannya lalu dia shalat. (15) – (Q.S Al-A’la: 14-15)

Demikianlah beberapa ayat Al-quran yang berkaitan tentang zakat, semoga dengan mengetahui dan memahaminya dapat memperluas pengetahuan kita dan menjadikan kita sebagai mahluk yang lebih baik lagi. Aamiin.

 

(DN.COM/rizqillah)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah