Santri secara umum adalah sebutan bagi seseorang yang mengikuti pendidikan agama Islam di pesantren, biasanya menetap di tempat tersebut hingga pendidikannya selesai.Menurut bahasa, istilah santri berasal dari bahasa Sanskerta, “shastri” yang memiliki akar kata yang sama dengan kata sastra yang berarti kitab suci, agama dan pengetahuan. Ada pula yang mengatakan berasal dari kata cantrik yang berarti para pembantu begawan atau resi. Seorang cantrik diberi upah berupa ilmu pengetahuan oleh begawan atau resi tersebut.

Kenapa kita harus jadi seorang santri, ada 9 alasan mengapa orang tua dan kita ingin menjadi seorang santri

1., Menjadi “qurrotu a’yunin” penyejuk mata hati dan “lilmusttaqiina imaama” imam diantara hamba hamba Allah yang bertaqwa.

2. “Waratsatul Anbiya” Generasi Robbani, penerus perjuangan Rasulullah, inilah generasi umat terbaik dunia akhirat.

3. Terhindar dan selamat dari lingkungan kurang baik, “biah hasanah” lingkungan yang baik sangat mempengaruhi pikiran dan tingkah laku anak anak kita.

4. Menjadi lebih mandiri, dewasa dan terlatih.

5. Kecerdasan sosial tumbuh, rendah hati, belas kasih, saling sayang, saling hormat, saling melayani, kuat sekali rasa ukhuwahnya.

6. Para gurunya bukan hanya mengajarkan ilmu tetapi juga akhlak keteladanan karena bersama dalam satu pesantren.

7. Full aktifitas 24 jam dalam pendidikan islami yang teratur dan terarah dg tujuan sangat jelas Visi Misinya.

8. Insya Allah selamat dunia akhirat karena kesholehannya dan menuntun orang tuanya agar selamat dunia akhirat pula.

9. Sungguh inilah warisan terbaik yang sangat membahagiakan orang tua di dunia apalagi di akhirat. “Waladun sholehun yad ‘u lahu” anak sholeh yang selalu mendoakan ke dua orangtuanya karena kesholehan.