Menu

Kemeriahan Idul Adha Di Darunnajah 4 Tsuryya

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Darunnajah, 13 Agustus 2019

Idul adha adalah hari besar umat islam seluruh dunia, tentu sudah tidak asing lagi ritual keagamaan ini selalu di laksanakan setiap tahunnya, karena memang sebuah ibadah yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim dan di perintahkan mengamalkannya oleh oleh Baginda Nabi Muhamma SAW. dengan di perintahkannya shalat Id dan menyembelih hewan qurban setelahnya, setiap tahunnya banyak dari umat islam untuk berqurban khususnya bagi yang mampu, ada yang berqurban Kambing,Domba, Sapi dan Kerbau, bahkan unta bagi negara-negara arab. Banyak dari umat islm yang menyambut hari raya ini, karena selain shalat id dn berqurban, hari raya ini juga menjadi momen untuk silaturrahmi dengan tetangga dan orang jauh sekalipun. Berbagai cara dilakukan un tuk mengisi kegiatan di hari raya ini.

Begitu pula hari raya yang dilaksanakan di pesantren Darunnajah 4 Tsurayya, seperti pada umumnya dipondok ini kegiatan berqurban di laksanakan setelah shalat Id, semua santri ikut berperan memeriahkan hari raya ini, ada yang membantu dalam penyembelihan, pengulitan hewan qurban, membersihkan daging, menimbang dn membagikan daging qurbn kepada muhstahik (yang berhak menerima daging qurban).

berikut ini statistik hewan yang qurban dan keterangannya:

    1. kambing         6 ekor             qurban
    2. kambing          3 ekor            shodaqoh
    3.  domba            1 ekor             shodaqoh

kegiatan berqurban ini mengajarkan kepada kita bahwa sebesar apapun yang kita berikan kepada orang lain itu sangat berarti untuk orang lain,karena tidak banyak orang yang seberuntung kita, yang bisa makan makanan yang enak dengan kenyang, masih banyk diluar sana anak-anak kecil yang meminta-minta,lansia yang bekerja keras untuk berthan hidup, orang-orang tua yang banting tulang demi bisa mencukupi kebutuhan kelurganaya, dengan berqurban ini kita diajrkan untuk berbagi dengan harta yang kita cintai.

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Yang Ditunggu Santri! Upacara Pembukaan Pramuka Mingguan

Greeting Scout! Kata tersebut merupakan salam andalan yang akrab di telinga para santri dalam kegiatan pramuka. Setelah sekian lama kegiatan ini resmi ditutup karna para