Menjelang Tahun Ajaran baru, setiap Sekolah pasti akan menyiapkan segala sesuatu untuk penerimaan Murid baru. Dan orang tua pasti akan mencarikan sekolah yang terbaik untuk anak-anak mereka. Tetapi, dengan semakin sibuknya para orang tua dalam pekerjaan mereka, maka akan semakin sedikit waktu yang mereka miliki untuk menemani anak mereka dalam mencari dan mendaftar ke Sekolah Baru yang terbaik untuk putra-putri nya .

Dari itu tidak sedikit dari lmbaga pendidikan yang Mengambil Inisiatif dalam mempermudah para orang tua untuk mendaftarkan putra-putrinya di pesantren-pesantren terbaik yang ada di Indonesia. Dengan menghadirkan fitur pendaftaran Secara Online. Banyak kelebihan yang akan di dapatkan dalam fitur pendaftaran secara online ini, akan tetapi tidak sedikit juga kekurangan yang ada di dalamnya.

Salah satu kelebihan yang di dapatkan dalam pendaftaran secara online ini adalah dapat menghemat waktu bagi para orang tua yang tidak memiliki banyak waktu untuk menemani putra-putri merreka dalam mencari sekolah yang terbaik. Dan juga dapat mempermudah bagi para orang tua yang ingin mendaftarkan anak mereka di sekolah yang cukup jauh, sehingga mereka tidak perlu untuk datang jauh-jauh ke sekolah yang di inginkan.

Kekurangan dari sistem ini adalah Rawannya Kesalahan dalam penginputan data, dan kesalahan dalam masuk ke sekolah yang di tuju. Terlepas dari itu semua setiap hal pasti ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Dalam hal ini kita diminta untuk sebijak-bijaknya dalam mengambil hal-hal yang ada, karna segala sesuatu itu pasti kembali lagi pada diri masing-masing dalm hal baik  dan buruknya.

Dalam hal ini kita akan di banyak di beri kemudahan dalam pencarian sekolah yang di inginkan, pertama dalam hal survei sekolah, kita tidak perlu datang jauh-jauh ke tempat yang di tuju , hanya perlu membuka laman website yang di sediakan oleh masing-masing lembaga. Pondok pesantren sendiri telah menyediakan website yang dapat di kunjungi.

Kekurangan lain dari sistem online ini adalah mahalnya biaya yang di butuh kan , baik dalam pembuatan nya maupun dalam pengelolaanya .Meliputi penyediaan server yang memadai, penuediaan layanan yang memadai , dan pelatihan operator-operator agar dapat bekerja secara profesional.

Dan banyaknya masyarakat ataupu orang tua yang belum paham akan penggunaan internet maupun komputer itu sendiri. Karna tidak sedikit masyarakat kita yang menganggap pendaftaran secara online terlalu canggih dalam pelaksanaanya. Karena tidak sedikit dari masyarakat Indonesia yang, masih Gagap Teknologi. Tetapi tidak sedikit juga dari beberapa lembaga yang telah menyediakan sisitem ini secara gratis.

Dari penjelasan di atas, tentu kita sudah bisa memulai diman ada kelebihan, di situ pasti akan ada kekuranganya. Dari itu mari kita sama-sama membantu dalam menyukseskan pendidikan yang ada di Indonesia , dengan Memilih yang terbaik bagi para penerus bangsa kita .