Search
Close this search box.

Kedatangan tamu dari Universitas Keio Jepang ke Pondok Pesantren Darunnajah

blank

Hubungan Universitas Keio dengan Universitas Darunnajah dan Pondok Pesantren Darunnajah merupakan hubungan yang sudah cukup lama. Kunjungan ini merupakan pertukaran pelajar dan pertukaran budaya dimana teman-teman Mahasiswa Universitas Keio Jepang datang secara langsung ke Darunnajah Jakarta untuk berdiskusi dengan para santri.

17 Mahasiswa Fakultas Manajemen Publik dan Fakultas Lingkungan dan Sistem Informasi Universitas Keio, Tokyo, Jepang mengadakan kunjungan ke Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta dan Universitas Darunnajah Jakarta, Selasa-Rabu, 14-15 Maret 2023. Rombongan dipimpin oleh Assistant Professor Yo Nonaka, Dosen Bahasa Indonesia dan Masyarakat Indonesia di Fakultas Manajemen Publik, Universitas Keio, Tokyo, Jepang.

blank
Tamu dari Universitas Keio Jepang ke Pondok Pesantren Darunnajah
blank
Diskusi Tamu dari Universitas Keio Jepang dan Santri Pondok Pesantren Darunnajah
blank
Diskusi Tamu dari Universitas Keio Jepang dan Santri Pondok Pesantren Darunnajah

Dalam kunjungannya ke Darunnajah, mahasiswa Universitas Keio, Tokyo, Jepang, mengunjungi sejumlah fasilitas di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta, seperti kelas pembelajaran, laboratorium, Darunnajah Production House, Studio Rekaman, juga asrama santri putra dan putri. Mahasiswa juga berdiskusi dengan santri kelas 5 TMI Darunnajah Jakarta dengan 4 kelompok tema yang telah dibagi, yaitu: 1. Perkembangan Teknologi dan Perubahan Kehidupan Masyarakat, 2. Pendidikan, 3. Ketenagakerjaan, 4. Gotong Royong / Saling Menolong / Bakti Sosial.

Di sore harinya, mahasiswa Keio keliling Pesantren untuk ikut serta dalam ekstrakurikuler santri, mulai dari bulutangkis, basket, voli, futsal, rugby, pramuka, tapak suci, dan gymnastic. Di malam harinya mahasiswa Universitas Keio bersilaturahmi dengan Wakil Ketua Dewan Nazir Darunnajah, Drs. K.H. Mustofa Hadi Chirzin, dan Wakil Rektor Universitas Darunnajah Jakarta, Ust. H. Hendro Risbiyantoro, M.S., di Aula Ibnu Rusyd, dan berdiskusi dengan mahasiswa Universitas Darunnajah. 

blank
Mahasiswa Keio keliling Pesantren untuk ikut serta dalam ekstrakurikuler santri
blank
Mahasiswa Keio keliling Pesantren untuk ikut serta dalam ekstrakurikuler santri

blank

blank

blank

Drs. K.H. Mustofa Hadi Chirzin mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa Universitas Keio, Jepang di Pondok Pesantren Darunnajah, dimana Pesantren merupakan sistem pendidikan asli di Indonesia. Assist. Prof. Yo Nonaka juga berterima kasih kepada Pondok Pesantren Darunnajah dan Universitas Darunnajah yang telah menerima kunjungan mahasiswa Universitas Keio.

Rabu pagi (15/3), mahasiswa Universitas Keio berkunjung ke kolam renang dan ruang kelas Universitas Darunnajah di Gedung Syanggit. Setelah itu, mengunjungi SD Islam Darunnajah Jakarta untuk berdiskusi dengan siswa-siswa dan guru-guru SD. Ruang terakhir yang dikunjungi adalah Darunnajah Front Office yang berfungsi untuk menerima dan melayani tamu dari luar Pesantren.

blank
Mahasiswa Universitas Keio berkunjung ke SD Islam Darunnajah Jakarta
blank
Mahasiswa Universitas Keio berkunjung ke SD Islam Darunnajah Jakarta

Kunjungan mahasiswa Universitas Keio ini merupakan kunjungan keempat, pertama sampai ketiga telah diadakan pada tahun 2017, 2018, dan 2019. Dua kunjungan ke Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta dan satu kunjungan ke Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang. Semoga kunjungan ini dapat memberikan manfaat untuk kedua lembaga, serta ikut serta dalam meningkatkan kerjasama Indonesia-Jepang. (Ust Imam Khairul annas/Direktur Darunnajah International Relations Office)

 

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah