Mengajari anak hal-hal positif tidaklah sulit. Anak-anak belajar dari apa yang mereka lihat dan mereka dengar. Orang tua bisa mengajari hal-hal positif lewat kebiasaan sehari-hari Dirumah seperti:

  • Menjawab salam dan mengelurkan tangan untuk bersalaman.

Setiap kali bertemu berikan teguran hangat, “Halo, Sayang”. Begitu masuk rumah setelah berpergian, ajak ia bersalaman. Ulurkan tangan lebih dahulu untuk memberinya contoh. Begitu ada tamu/orang dewasa, ingatkan ia untuk menjawab salam dan mengulurkan tangannya.

  • Mengekspresikan rasa sayang pada papa/mama/kakak/anak yang lebih kecil.
- Advertisement-

Berikan pelukan dan sentuhan hangat sambil mengatakan “papa/mama sayang kakak/adik”

jadikan ciuman sebelum dan saat bangun tidur sebagai kebiasaan bersama. Biasakan untuk berbicara dengan menatap matanya sehingga ia tahu kalau diperhatikan.

  • Aktivitas di meja makan.

Biasakan makan dengan duduk di meja. Jangan makan sambil menonton tv atau berjalan ke sana-kemari. Makan juga tidak sambil mengobrol atau bercanda supaya tidak tersedak. Kebiasaan makan dengan benar ini akan mudah dicontoh anak.

  • Belajar kemandirian

Letakkan sandal/sepatu di tempatnya. Saat memakai sepatu, biarkan anak melihatnya sehingga ia tahu bagaimana cara memakai sepatu.Begitu juga dengan memakai baju, celana dan sebagainya. Setelah menggunakannya, perlihatkan bagaimana menaruh atau menyimpan supaya rapi.

Sumber : Indah maryana 

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

TK Islam Darunnajah adalah lembaga pendidikan anak usia dini antara usia 3-6 tahun. TK Islam Darunnajah berlokasi di area Pondok Pesantren Darunnajah di Jakarta Selatan. Kami menyelenggarakan pendidikan dalam berbagai aspek pengembangan diantara aspek Bahasa, Kognitif, Motorik, Kreativitas, Sosial emosional dan Moral agama. Kami menyadari bahwa aspek-aspek ini sangatlah penting bagi perkembangan anak usia dini dalam menyiapkan diri menuju tingkat Pendidikan sekolah dasar dan jenjang berikutnya. TK Islam Darunnajah memiliki empat ekstrakurikuler yaitu menari, melukis, futsal dan jarimatika. Kegiatan mingguan di TK Islam Darunnajah meliputi senam pagi, kunjungan ke perpustakaan dan belajar komputer. Kegiatan bulanan yaitu renang dan makan sehat. Serta Kegiatan tahunan yaitu field trip, outbound, manasik haji, peringatan hari besar Islam dan nasional, pentas seni dan wisuda. TK Islam Darunnajah ingin mewujudkan TK yang berbasis Islam, peserta didik dibekali berbagai pengetahuan agama seperti mampu mempraktekan cara berwudhu dan shalat berjama'ah, menghafal doa-doa harian, menghafal surat pendek Al Quran, membaca iqro dengan lancar dan mampu menghafal Asmaul Husna.