Mengajari anak hal-hal positif tidaklah sulit. Anak-anak belajar dari apa yang mereka lihat dan mereka dengar. Orang tua bisa mengajari hal-hal positif lewat kebiasaan sehari-hari Dirumah seperti:

  • Menjawab salam dan mengelurkan tangan untuk bersalaman.

Setiap kali bertemu berikan teguran hangat, “Halo, Sayang”. Begitu masuk rumah setelah berpergian, ajak ia bersalaman. Ulurkan tangan lebih dahulu untuk memberinya contoh. Begitu ada tamu/orang dewasa, ingatkan ia untuk menjawab salam dan mengulurkan tangannya.

  • Mengekspresikan rasa sayang pada papa/mama/kakak/anak yang lebih kecil.

Berikan pelukan dan sentuhan hangat sambil mengatakan “papa/mama sayang kakak/adik”

jadikan ciuman sebelum dan saat bangun tidur sebagai kebiasaan bersama. Biasakan untuk berbicara dengan menatap matanya sehingga ia tahu kalau diperhatikan.

  • Aktivitas di meja makan.

Biasakan makan dengan duduk di meja. Jangan makan sambil menonton tv atau berjalan ke sana-kemari. Makan juga tidak sambil mengobrol atau bercanda supaya tidak tersedak. Kebiasaan makan dengan benar ini akan mudah dicontoh anak.

  • Belajar kemandirian

Letakkan sandal/sepatu di tempatnya. Saat memakai sepatu, biarkan anak melihatnya sehingga ia tahu bagaimana cara memakai sepatu.Begitu juga dengan memakai baju, celana dan sebagainya. Setelah menggunakannya, perlihatkan bagaimana menaruh atau menyimpan supaya rapi.

Sumber : Indah maryana