Inilah isi Pidato PORSEKA Ke-27

Inilah isi Pidato PORSEKA Ke-27

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
Share on telegram

Pidato PORSEKA yang ke-27 kali ini disampaikan oleh ustadz Ridha makky, S.Pd.I yang merupakan kepala Biro Pendidikan di Pesantren Darunnajah Cipining.  Dalam Pidatonya, beliau menyampaikan bahwa Seluruh santri harus terlibat setiap agenda PORSEKA. Selain itu, Ustadz Dodo (demikian panggilan akrab beliau) menghimbau kepada Peserta PORSEKA untuk mengundang wali-walinya pada Apel Tahunan nanti. Berikut adalah isi Pidato PORSEKA Ke-27;

بسم الله الرحمن الرحيم

الســلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ حَمْداً يُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِى مَزِيْدَهُ، يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِي لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ   وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.

اللّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُ بِإِحْسَانٍِ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ, أَمَّا بَعْدُ. فَأُصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى الله أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. وَمَا كَانَ الْمُؤْمِنُوْنَ لِيَنْفِرُوْا كَافَّة فَلَوْ لاَ نَفَرَ مِنْ كُلِّ فِرْقَةٍ مِنْهُمْ طَائِفَةٌ لِيَتَفَقَّهُوْا فِى الدِّيْنِ وَلِيُنْذِرُوْا قَوْمَهُمْ إِذَا رَجَعُوْا إِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُوْنَ (الآية)

Yang terhormat,

Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu Guru

Para walimurid dan tamu undangan.

Santri-santri dan santriwati yang kami cintai,

Dan seluruh Keluarga Besar Pondok Pesantren Darunnajah Cipining yang berbahagia.

Mengawali sebuah perjalanan sejarah, memasuki umur ke-27 tahun, pikiran menerawang jauh ke depan, membumbung tinggi, semangat berkorbar-kobar, percaya diri dan kepercayaan ummat.

Hari ini, pesantren pusat dan cabang Darunnajah membuka PORSEKA, seluruhnya menyaksikan gebyarnya apresiasi santri dan para alumni memperagakan sepak terjang perjuangan di masyarakat.

Anak-anakku sekalian

Hari ini merupakan hari yang luar biasa

Getaran- getaran Darunnajah di hati ini

Merupakan sebuah getaran yang luar biasa

Menggetarkan pondok, menggetarkan masyarakat sekitar menggetarkan indonesia dan menggetarkan dunia

Maka anak-anakku sekalian apa yang di sebut getar mengapa di sebut menggetarkan? bagaimana menggetarkan?

Adalah Semangat ke ikhlasan yang di warnai dengan militanitas yang tinggi kuat berjam-jam berdiri kuat berjam-jam, hampir 4 jam kalian berdiri dan bergetar

Belum diwarnai panitianya yang sejak sebulan lalu bahkan dari tadi malam tidak tidur sampai subuh dari bagian pengasuhan santri, pembimbing, panitia kelas 6 kelas 5 luar biasa!!!

Ini menunjukkan militansi anak-anakku dan anak Pesantren Darunnajah Cipining. inilah saatnya kita mendidik, inilah saatnya mewarnai dan disinilah awal mula sebuah pewarnaan dari Darunnajah Cipining menyapa dunia.

Yang membuat khusyu’ itu adalah hadirul Qolbi

Maka kalian bekerja, kalian berbuat ,ikut Porseka, ikut kepanasan, ikut kehausan,ikut drumband, ikut pramuka, ikut silat, ikut seluruh totalitas kehidupan pondok ini kalian menghayati pondok ini. al fatihah yang kita hapalkan, yang kita baca, yang kita amalkan dengan umur kita saat ini yang dulu dengan yang sekarang sungguh artinya sangat berbeda.

Anak-anakku sekalian, kegiatan PORSEKA ini adalah bagian dari Pekan Perkenalan Khutbatu-l-‘Arsy. Meski kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk olahraga dan seni, namun sejatinya, ini merupakan bagian dari Pekan Perkenalan Khutbatu-l-‘Arsy. bertujuan guna meningkatkan potensi dan kreativitas santri dan santriwati dalam bidang olahraga, seni dan pramuka.

GALI POTENSI RAIH PRESTASI…

KELUARKAN KEMAMPUAN PUNCAK KITA LI’LAI KALIMATILLAH

Amanat dari bapak pimpinan Darunnajah Cipining KH Jamhari Abdul Jalal Lc

Seluruh santri harus terlibat setiap agenda PORSEKA

Diharapkan seluruh santri mengundang walimurid ketika apel tahunan

Ya Allah lindungilah kami

Lindungilah guru-guru dan murid-murid kami.

Lindungilah Keluarga Besar Pondok Pesantren Darunnajah Cipining Dengan taufiq dan hidayah-Mu

Bekalkanlah kepada kami ilmu yang bermanfaat

Kekuatan lahir dan bathin

Karunialah kami Keluarga Besar Pondok Pesantren Darunnajah Cipining kesehatan, kekuatan, kesabaran, ketabahan, istiqomah mengembangkan pondok ini.

Bukakanlah pintu-pintu pengembangan dan pengendalian yang terbaik bagi kami, menuju ridho Mu Ya Allah.

Ya Allah…..

Ampunilah dosa kami, dosa orang tua-orang tua kami, dosa para syuhada’ pondok ini,

dan semua yang berjasa kepada pondok ini

Tunjukkanlah kami jalan yang lurus.

Jauhkanlah kami dari hasad dan dengki.

Bersihkanlah kami dari takabbur dan riya’.

Tumbuhkanlah kekompakan dan kebersamaan dalam jamaah kami.

Ya Allah…..

اللّهُمَّ أَعِنَّا عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

اللّهُمَّ سَهِّلْ أُمُوْرَنَا وَيَسِّرْ أَعْمَالَنَا وَحَقِّقْ آمَالَنَا وَقَوِّنَا وَثَبِّتْ أَقْداَمَنَا وَبَارِكْ لَنَا وَوَفِّقْنَا فِى كِفَاحِنَا وَجِهَادِناَ وَرِيَاسَتِناَ فِى هذَا الْمَعْهَدِ، يَا الله.  

رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْياَ حَسَنَةً وَفِى الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِناَ عَذَابَ النَّارِ, سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Allahu Akbar  !   Allahu Akbar  !   Allahu Akbar  !

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

[WARDAN/@abuadara]

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah