DARUNNAJAH.COM – JAKARTA, Imam Mohamad Bashar Arafat lahir dan besar di Damaskus, Suriah. Ia kuliah di Universitas Damaskus dan lulus dengan gelar dalam Studi Islam dan Bahasa Arab tahun 1987. Ia juga gelar bidang hukum Islam pada tahun 1988. Dari tahun 1975-1989. Yang juga merupakan Presiden Civilization Exchange and  Cooperation Foundation/CECF), Washington DC.

Foto Bersama Menteri Agama Drs. H. Lukman Hakim Saifuddin, Imam Mohamad Bashar Arafat, KH. Hasan Abdul Sahal, Drs. KH. Mahrus Amin, Dr. H. Sofwan Manaf, M.Si

Foto Bersama Menteri Agama Drs. H. Lukman Hakim Saifuddin, Imam Mohamad Bashar Arafat, KH. Hasan Abdul Sahal, Drs. KH. Mahrus Amin, Dr. H. Sofwan Manaf, M.Si

Mohamad Bashar Arafat menjabat Imam di Damaskus tahun 1981-1989 dan kemudian diundang ke Amerika Serikat untuk mengajar di berbagai di Pusat Islam. Ia adalah imam dari masyarakat Islam Baltimore, Maryland pada tahun 1989-1993.

Tahun 1993, didirikan Lembaga Studi Islam dan Bahasa Arab di Baltimkore yang bernama An-Nur. Ia juga mendirikan An-Nur masjid di Carney, Maryland dan menjabat sebagai Imam pada tahun 1995-11997. Saat ini Imam Mohamad adalah Presiden dari Islamic Council of Maryland berbasis di Baltimore.

Tepat pada tanggal 7 Januari 2018, Imam Mohammad Bashar Arafat kembali hadir di Pondok Pesantren Darunnajah. Pasalnya, beliau ikut serta menghadiri Launching Perhimpunan Pengasuh Pesantren Indonesia (P2I) yang diresmikan pada hari tersebut.

Acara ini banyak didukung dan dihadiri oleh banyak pihak. Menteri Agama Drs. H. Lukman Hakim Saifuddin, Irjen Pol Drs. H. Arkian Lubis, SH Jabatan Kakorbinmas Baharkam Polri, Ketua UKP PIP Dr. Yudi Latif, Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor KH. Hasan Abdullah Sahal beserta pengasuh-pengasuh Pondok Pesantren dari berbagai daerah di Indonesia. (ALMAS KHALISHAH)