Alhamdulillah sekian banyak kegiatan yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Darunnajah Cipining menunjang banyak manfaat dan pangalaman yang dapat dicapai. Hal demikian dimaksudkan untuk pembentukan pola pikir yang kreatif serta menggali kemampuan para santriwan dan dan santriwati. Salah satunya dengan kegiatan Porseka (Pekan Olahraga Seni & Pramuka).

Porseka merupakan kegiatan wajib Pesantren yang berlaku setiap tahunnya, bukan hanya melibatkan seluruh santri begitu pun dengan segenap dewan guru yang turut membimbing dan membantu berbagai hal guna melancarkan kegiatan Porseka. Kegiatan porseka berlangsung selama 1 pekan, tepatnya mulai dari tanggal 16 September s.d 22 September 2012.

Panitia kegiatan porseka adalah santriwan dan santriwati kelas XI & XII TMI. Di bawah naungan Biro LP2S (Lembaga Pengembangan Potensi Santri) yaitu Ust. Saiful Hadi S.Pd. dan Biro Pengasuhan Santri dengan kepala biro Ustadz Ahmad Rosichin, S.Pd.I.

Walaupun disibukkan dengan kegiatan Belajar Mengajar (KBM), para santri tetap dapat membagi waktu untuk dapat berlatih mempersiapkan upacara pembukaan maupun persiapan mata lomba. Apalagi ditambah keadaan para santri yang sedang menjalankan puasa Syawal selama 6 hari berturut-turut  tetap tak meruntuhkan semangat para santri untuk dapat memajukan Porseka ke-25.

Adapun beberapa tempat yang digunakan untuk berlatih adalah, Lapangan Kampus 2 yang diisi oleh latihan Drumband, pasus Pa dan Pi, dilapangan Kampus 1 diisi oleh latihan Paskibra Pengibar Bendera, di Lapangan Footsal diisi oleh latihan Silat, dilapangan Masjid Pi diisi oleh latihan parade Nusantara, di Lapangan Santri Pi diisi oleh latihan Koor, dan Masjid untuk latihan perkelompok.

Yang tak kalah seru, setiap kelompok porseka diwajibkan untuk mempunyai yel-yel kesemangatan untuk kekompakkan masing-masing guna menumbuhkan dan meningkatkan kemauan para santri untuk lebih giat mengikuti acara tersebut.

Waktu berlatih biasanya dimulai sore hari, ba’da ashar diisi untuk latihan kelompok, dan disambung pada malam hari ba’da isya yang diisi dengan latihan individu. Maka dari itu semoga dengan padatnya jadwal tak mematahkan kesemangatan mereka dan menjadikan porseka ke-25 lebih sukses dan lancar.

(WARDAN/Putri Khoirunnisa)