Tahun ajaran baru 2019/2020 sudah diambang gerbang, berbagai persiapan dilaksanakan untuk menyambutnya. Sarana dan prasarana mulai di cek kembali untuk melihat kelayakannya, perbaikan dan penambahan mesti dilakukan agar nantinya segala proses belajar mengajar berjalan dengan baik dan lancar.

Pengecatan tembok bangunan sekolah dilakukan untuk menghadirkan suasana baru dan kenyamanan bagi peserta didik. Kantor tata usaha dan ruang guru pun tak luput dari renovasi untuk menampilkan wajah baru yang lebih fresh dengan interior yang bagus agar para guru nyaman dan bersemangat dalam bekerja.

Sarana belajar mengajar seperti papan tulis yang sudah kusam diaganti dengan yang baru, meja dan kursi belajar yang rusak diperbaiki, lampu penerangan serta air conditioner (AC) dilakukan pengecekan kelayakannya dan tentunya penambahan infokus dan audio visual di ruang kelas yang belum terpasang menjadi konsen utama untuk mendukung penerapan kurikulum 2013.

Persiapan-persiapan fisik di atas mulai dilaksanakan selama libur semester II dan libur lebaran dengan asumsi semua persiapan fisik tersebut selesai sebelum siswa masuk. Dengan adanya persiapan-persiapan fisik sarana penunjang belajar mengajar di atas diharapkan proses belajar mengajar di tahun ajaran baru yang akan datang dapat berjalan dengan lancar dan menyenangkan, sehingga segala target akademik maupun non akademik siswa dapat tercapai dengan hasil yang maksimal.

Sesuai dengan Peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 160 tahun 2015 bahwa semua sekolah dari jenjang SD hingga SMA harus sudah melaksanakan kurikulum 2013 paling lambat tahun 2019. Alhamdulillah, SD Islam Darunnajah sebagai sekolah swasta sudah menerapkan kurikulum 2013 di setiap jenjang kelasnya mulai tahun 2017.

Sebagai sekolah yang sudah menerapkan kurikulum 2013, maka para pengajar atau gurunya wajib mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) dan pelatihan K13. Tujuan dari diadakannya bimbingan teknis dan pelatihan K13 adalah agar para guru tidak keliru dalam menyampaikan materi. Disamping itu juga agar para pengajar atau guru memahami kurikulum berbasis karakter ini, kurikulum yang mengutamakan pada pemahaman, skil dan pendidikan karakter, dimana para siswa dituntut untuk paham atas materi, aktif dalam berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun dan berdisiplin tinggi.

Pada awal tahun pelajaran 2019/2020 SD Islam Darunnajah mengutus 2 orang gurunya yaitu Muzdalifah, S.Pd.I dan Dhia Husnu Labib, S.Pd untuk mengikuti bimbingan teknis dan pelatihan K13 yang dilaksanakan mulai tanggal 17 s.d 21 Juni 2019. Selamat bertugas dan selamat belajar semoga ilmunya kian bertambah dan dapat menularkannya kepada rekan guru lain untuk kemajuan bersama./Awaludin Ahmad