Perjalanan panjang Darunnajah Cipining Bogor – Al Amien Prenduan Sumenep Madura selama dua hari satu malam tentu cukup melelahkan, maka setelah pertemuan dengan pengasuh dan pimpinan  pesantren Al Amien Prenduan Sumenep Madura KH. Idris Djauhari dari pukul 20.30 – 22.10 wib, segenap peserta study-banding merasakan nikmatnya rehat di guest house berselimutkan udara malam Madura. Mereka sengaja langsung cepat istirahat karena berazam untuk mengikuti progam qiyamullail yang sudah menjadi rutinitas harian di pesantren alumni Gontor ini.

Sumbang Saran Berbagi Fikiran Untuk Kemajuan Islam

Pukul 03.00 wib satu demi satu peserta study-banding mulai bangun, mengambil air wudhu dan segera menuju masjid Jami’ yang sudah mulai ramai dengan aktifitas sholat malam. Tampak dishoff terdepan para santri senior kelas VI TMI dan disusul adik kelas di belakang mereka, melakukan sholat malam secara individu, tampak juga beberapa santri yang sedang membaca Al Qur’an dan dzikir. Para asatidz Darunnajah Cipining juga langsung melakukan aktifitas yang sama.  Pukul 04.00 wib salah-satu satu santri kelas VI TMI menuju tempat Imam dan mengomando jama’ah untuk sholat witir bersama-sama sebanyak 3 raka’at. Seusai dzikir, mereka segera membuat halaqah untuk membaca Al Qur’an sambil menunggu Adzan Shubuh.

Let's make our pesantren better and better!

Setelah sholat Shubuh para santri kembali membuat Halaqah membaca Al Qur’an selama kurang-lebih 30 menit. Rangkaian progam dari qiyamullail hingga halaqah qur’an ba’da shubuh ini diawasi langsung oleh dewan guru dan mu’allim/mudabbair (pengurus organisasi santri). Tampak beberapa asatidz Darunnajah Cipining berbincang-bincang dengan para asatidz Al Amien yang sedang mengontrol progam tersebut. Mereka belajar tadbir kegiatan unggulan peningkatan iman ini.Terasa betul bahwa setiap guru harus mau dan mampu menjadi USD (Uswah, Shuhbah, Da’wah).

Begitu turun dari masjid Jami’, seluruh peserta study segera menghubungi para nara sumber yang akan mereka mintai informasi sesuai bagian masing-masing seperti; kesekretariatan, keuangan, pendidikan, pengasuhan, pengkaderan, da’wah dan humas, pembangunan dan rumah-tangga, bidang usaha, kesejahteraan, teknologi informasi dan pengelolaan bulletin serta website. “ ustadz, silahkan langsung Serangan Fajar ya!” sapa pimpinan pesantren Darunnajah Cipining kepada Kepala Biro Pengasuhan Santri, Ust. Ahmad Rosikhin Wasyraf, S.Pd.I  dan kepala Asrama Putra, Ust. Muhlisin Ibnu Muhtarom yang sedang berjalan menuju rumah Mudir TMI putra Al Amien. Pak Kyai sendiri tampak sedang berbincang-bincang dengan ust. Sudiono Shomadi (simpatisan Darunnajah Cipining  asal Kendal ) yang juga sedang bertamu.

Berdiskusi tadbir progam qiyamullail dan halaqh Qur'an

'Jadikan setiap orang lain sebagai sumber informasi' pesan kyai Jamhari

Proses pencarian informasi dari berbagai nara sumber ini berlangsung hingga pukul 08.00 wib, bahkan ada juga yang diteruskan setelah makan pagi hingga tiba saat pamitan pada pukul 10.00 wib. Masing-masing peserta study –banding diharuskan membuat laporan tertulis sesuai bidangnya dan akan dibahas dalam family gathering dan rapat evaluasi akhir tahun di Villa Darunnajah di Cipanas Puncak Bogor pada 5-6 Juli 2010. Semoga study-banding tahun ini akan mempercepat kemajuan Darunnajah Cipining Bogor! (WARDAN/Mr. MIM)

Saat Berpamitan: Tahaaduu Tahaabbuu, take and give!

ilalliqaa: wish me luck, do'akan kami selmat dan sukses!