Menu

Do’a Siapakah yang Tidak Akan Tertolak?

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

doa-ketika-dizalimi-1

Saat manusia yang menginginkan sesuatu tentunya akan bekerja keras, berusaha dengan sungguh-sungguh agar apa yang diinginkan tersebut dapat dimiliki. Namun faktanya tidak semua apa yang diinginkan manusia dapat dicapai begitu saja, selain berusaha dengan sekuat tenaga manusia juga harus berdo’a memohon kepada Allah yang Maha Kuasa agar apa yang diimpikannya dapat terwujud.

Akan tetapi sebesar apa usaha yang kita lakukan dan serajin apa kita berdo’a bila Allah swt tidak menghendaki apa yang kita inginkan, maka tidak akan terwujud apa yang menjadi angan-angan dalam fikiran kita. Oleh Karena itu janganlah berkecil hati dan ingatlah bahwa ‘Allah swt memberikan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan’.

Bayangkan bila kita menginginkan makanan yang lezat, akan tetapi pada saat itu kita lebih membutuhkan lidah yang sehat, maka kita tidak akan dapat menikmati makanan nan lezat tersebut, berbeda jika lidah kita sehat dan kita bersyukur dengan apa yang kita punya, meski makanan seadanya karena adanya rasa syukur tentunya makan tersebut akan jauh terasa lezat dibanding makanan yang lezat tapi lidah dalam keadaan sakit.

Namun Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang memberikan keistimewaan kepada 3 golongan manusia, dimana bila ia dalam keadaan tersebut dan berdo’a kepada Allah swt maka do’anya akan dikabulkan, sebagaimana sabda Rasulullah saw, “ada tiga orang yang tidak ditolak do’a mereka; orang yang berpuasa sampai dia berbuka, seorang penguasa yang adil dan do’a orang yang di zalimi (teraniaya). Do’a mereka diangkat oleh Allah swt ke atas awan dan dibukakan baginya pintu langit dan Allah swt berfirman, “demi keperkasaan Ku, Aku akan memenangkanmu (menolongmu) meskipun tidak segera”. (HR Tirmidzi)

Oleh karena itu kita harus berhati-hati terhadap 3 orang tersebut atau kita harus hati-hati bila termasuk dalam golongan yang disebutkan dalam hadits diatas, karena do’a mereka didengar dan dikabulkan oleh Allah swt, bila anda mendapati saudara kita dalam golongan tersebut datangilah dan minta dido’akan kebaikan darinya, namun bila kita yang berada dalam keadaan tersebut maka jangan bosan-bosan untuk berdo’a tentang kebaikan dunia dan akhirat kepada Allah swt, karena Dia akan mendengar dan akan mengabulkan do’a tersebut. (Abs)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Maklumat Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah Tentang Perpanjangan Masa Belajar di Rumah

Assalamu’alaikum Wr. Wb.,   عَنْ أَبَّانَ بْنِ عُثْمَانَ عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: (مَنْ