Search
Close this search box.
blank

Doa dan Sunnah Yang Harus Dilakukan Sebelum Menyembelih Hewan Qurban

Doa dan Sunnah Yang Harus Dilakukan Sebelum Menyembelih Hewan Qurban

blank
Berqurban adalah salah satu perintah Allah yang jelas dicantumkan di Al-Qur’an. Ibadah qurban akan menjaga bahkan meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah

Hari Raya Idul Adha identik dengan ibadah qurban, yaitu menyembelih hewan ternak seperti kambing, domba, sapi, atau kerbau sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Sebelum menyembelih hewan qurban, ada beberapa doa dan sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan agar ibadah qurban kita semakin sempurna dan diterima oleh Allah SWT.

1. Niat yang ikhlas: Sebelum menyembelih hewan qurban, pastikan niat kita ikhlas karena Allah SWT semata. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Membaca takbir: Disunnahkan untuk membaca takbir sebelum menyembelih hewan qurban, yaitu mengucapkan “Allahu Akbar” sebanyak tiga kali. Hal ini sebagai bentuk pengagungan kepada Allah SWT.

3. Membaca doa: Sebelum menyembelih hewan qurban, membaca doa juga dianjurkan. Doa yang dibaca adalah:

“Bismillahi wallahu akbar. Allahumma minka wa laka. Allahumma taqabbal minni.”

بِسْمِ اللَّهِ وَاللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ مِنْكَ وَلَكَ، اللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنِّي

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar. Ya Allah, qurban ini dari-Mu dan untuk-Mu. Ya Allah, terimalah (qurban) dariku.”

4. Memposisikan hewan ke arah kiblat: Ketika akan menyembelih hewan qurban, pastikan hewan tersebut diposisikan ke arah kiblat. Hal ini sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW.

5. Memotong dengan pisau yang tajam: Gunakan pisau yang tajam untuk menyembelih hewan qurban agar proses penyembelihan berlangsung dengan cepat dan tidak menyakiti hewan. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah mewajibkan untuk berbuat baik dalam segala hal. Jika kalian membunuh, maka bunuhlah dengan cara yang baik. Jika kalian menyembelih, maka sembelihlah dengan cara yang baik. Hendaklah salah seorang dari kalian menajamkan pisaunya dan menenangkan hewan sembelihannya.” (HR. Muslim).

6. Tidak menyakiti hewan: Ketika menyembelih hewan qurban, pastikan untuk tidak menyakiti hewan tersebut. Hindari menyembelih hewan di depan hewan lain atau memperlakukan hewan dengan kasar sebelum penyembelihan.

7. Membaca shalawat: Setelah menyembelih hewan qurban, disunnahkan untuk membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk rasa syukur dan cinta kepada beliau.

Itulah beberapa doa dan sunnah yang harus dilakukan sebelum menyembelih hewan qurban. Dengan melakukan hal-hal tersebut, insya Allah ibadah qurban kita akan semakin sempurna dan diterima oleh Allah SWT. Selamat menunaikan ibadah qurban!

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah