Delegasi Daurah Shaifiyyah Universitas UMM AL-QURA Berkunjung Ke Halaqat Tahfidz Asyur Mekkah
Menu

Delegasi Daurah Shaifiyyah Universitas UMM AL-QURA Berkunjung Ke Halaqat Tahfidz Asyur Mekkah

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

حلقات تحفيظ القران جامع عاشور مكة
Halaqat Tahfidz al-Qur’an Masjid Asyur merupakan lembaga tahfidz al-Qur’an yang berada di sekitar komplek Masjid Asyur di Mekkah al-Mukarramah. Lembaga ini posisinya berada sekitar 2 Km atau perjalanan 5 menit dari Masjid al-Haram Mekkah.

Pada mulanya, lembaga ini didirikan oleh seseorang yang berasal dari Bukhara (Uzbekistan) yang tinggal di Mekkah dan menjadi warga negara Saudi Arabia. Para siswa berasal dari wilayah Saudi Arabia dan berbagai negara; Ethiopia, Senegal, Mali, Gambia, Kenya, Australia, Malaysia, Bangladesh, Amerika, dan Indonesia.

Pengarah (Musyrif) lembaga ini adalah Syaikh Dr. Hasan Ibn Abdul Hamid ibn Abdul Hakim al-Bukhari, yang menjabat sebagai Dekan Fakultas Bahasa Arab Universitas Umm al-Qura. Lembaga ini telah memiliki beberapa cabang di sekitar wilayah Saudi Arabia.

Delegasi Daurah Shaifiyyah Universitas UMM AL-QURA Berkunjung Ke Halaqat Tahfidz Asyur Mekkah
Delegasi Daurah Shaifiyyah Universitas UMM AL-QURA Berkunjung Ke Halaqat Tahfidz Asyur Mekkah

Para delegasi al-Daurah al-Shaifiyyah Li Muallim al-Lughah al-Arabiyyah Li Ghairi al-Natiqin Biha yang berasal dari Indonesia dan Senegal diterima oleh Syaikh Dr. Hasan al-Bukhari beserta para staf Pengajar. Beliau menjelaskan dalam sambutannya, bahwa kegiatan rutin para siswa mulai habis Ashar hingga menjelang waktu Sholat Isya’.

Metode yang dipakai dalam belajar untuk para siswa pemula adalah Nur al-Bayan (طريقة نور البيان), yaitu belajar huruf hijaiyyah dengan cara mengeja satu persatu. Metode ini hampir mirip metode Baghdadiyyah atau Turutan yang berkembang di Indonesia pada tahun 1980-1990-an.

Siswa-siswa lembaga tahfidz ini terdiri dari jenjang anak-anak hingga mahasiswa yang belajar materi yang berbeda-beda; membaca al-Qur’an, menghafal al-Qur’an, menghafal matan al-Jazariyyah, menghafal matan al-Syatibiyyah, dan belajar Qira’ah al-Sab’ah.

Dalam satu minggu mereka belajar mulai Sabtu-Kamis, sementara hari Jum’at libur. Dalam kunjungan ini, para delegasi daurah diberikan gambaran kegiatan dengan penampilan para siswa yang membacakan buku daras (muqarrar) untuk belajar membaca al-Qur’an metode Nur al-Bayan.

Selain itu, siswa lain menghafalkan muqaddimah al-Jazariyyah dan al-Syatibiyyah dilanjutkan bacaan Qira’ah Sab’ah melalui riwayat Syu’bah dan Qalun oleh Mahasiswa Umm al-Qura yang juga aktif di halaqah ini.

Para siswa Halaqat ini telah berperan menyumbangkan prestasi juara dalam Musabaqah Hifdhil al-Qur’an tingkat nasional dan Internasional yang mewakili negara Saudi Arabia. Pertemuan para peserta daurah ini dengan pihak lembaga ini ditutup dengan jamuan makan malam bersama dan pemberikan kenang-kenangan dari delegasi Indonesia untuk lembaga Halaqat Tahfidz al-Qur’an Jami’ Asyur. (Bagian ke-5 dari Laporan Kegiatan Daurah Shaifiyyah Umm al-Qura Mekkah, Much Hasan Darojat).

(DN.COM/almas_khalishah)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait