Delegasi Al Azhar Mesir Berkunjung Ke Darunnajah 2 Cipining

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

 

Pekan depan seluruh santri dan guru TMI DARUNNAJAH 2 Cipining Bogor akan memulai Ujian Lisan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Ujian lisan ini akan berlangsung selama satu pekan dan dilanjutkan dengan ujian tulis selama dua pekan.

Banyak usaha dan upaya yang dilakukan oleh segenap civitas pesantren guna menyukseskan Ujian Kenaikan Kelas (UKK) tersebut, antara lain: ditutupnya semua kegiatan ekstrakurikuler untuk sementara waktu, optimalisasi kegiatan percakapan harian (muhadatsah, conversation), pemusatan dan pendampingan belajar santri, peningkatan ibadah, pengarahan dan motivasi.

Dari sisi persiapan guru penguji juga mendapat perhatian yang lebih dimaksimalkan oleh Biro Pendidikan dengan adanya Taujihat, pemeriksaan persiapan atau i’dad ujian lisan, pengaturan kelompok peserta ujian yang lebih proporsional serta penguatan kisi-kisi pembuatan soal standar TMI.

Tidak tertinggal juga upaya dari Bagian Bahasa untuk meningkatkan motivasi berbahasa resmi dewan guru dan santri. Hal itu antara lain dengan mendatangkan native speaker pada hari Kamis, 19 Mei 2016.

Adalah Dr. Muhammad Sa’id Dawud yang pada semester ini berkesempatan hadir di pesantren yang berdiri sejak 18 Juli 1988 ini. Pendidikan tinggi ditempuh semuanya di Universitas Al Azhar: S1 Bahasa Arab lulus 1999, S2 dan S3 Adab Wa Naqd lulus 2003 dan 2011.

Dr. Sa’id adalah delegasi Universitas Al Azhar Mesir yang bertugas di pesantren DARUNNAJAH Jakarta. Pada Porseka XXVIII 2015 lalu beliau sudah datang ke Cipining untuk pertama kalinya.

Pada kehadiran keduanya ini, pria kelahiran tahun 1 Januari 1978 tersebut menyampaikan Pemaparan dan Motivasi Berbahasa Arab dalam dua sesi.

Sesi pertama bersama dewan guru bertempat di aula Tahfidz. Beliau banyak memotivasi dewan guru untuk update terhadap perkembangan bahasa Arab.

Pada sesi yang dipandu ustadz Muhlisin Ibnu Muhtarom tersebut tampak antusiasme guru dengan banyak bertanya, dari pertanyaan yang serius sampai yang berkesan intermeso.

Sesi kedua dilaksanakan bakda ashar untuk para santri berlokasi di Masjid Jami’. Ayah dua anak ini banyak menyemangati santri untuk terus menggapai fadhilah ilmu. Para santri juga sangat bersemangat untuk menyimak dan bertanya kepada nara sumber.

Ikut juga dalam kunjungan ini istri Dr. Sa’id bernama Maia alanshary yang berusia 25 tahun dan dua anak mereka; Fatimah dan Hamud.

IMG_20160519_161656

Salah-satu guru Darunnajah Cipining yang notabene alumni Al Azhar Mesir menyambangi istri Maia dan terjadilah dialog hangat di antara mereka menggunakan bahasa ‘amiyah Mesir. Maia sangat senang dengan sambangan ustadzah Upi Nurjannah, Lc yang juga disaksikan beberapa ustadzah dan santriwati ketika mereka berdua berdialog. (Wardan/Mr. MiM).

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Detik-detik melepas K.H. Saifuddin Arief

KH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief Memotivasi Santri Untuk BerprestasiDokumentasi Pemakaman K.H. Saifuddin Arief, S.H., M.HKalimat Takziah K.H. Nasir