Hari ini Senin, 15 Oktober 2018 adalah mulai berjalannya kegiatan pergantian pengurus Organisasi Santri Darunnajah 2 Cipining baik yang berasrama maupun yang non asrama, yang di panitiai oleh santri kelas 5 TMI Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining.

Tanda dari dimulainya rangkaian kegiatan Panitia Pergantian Pengurus (P3) adalah yang pertama dengan adanya pembentukan panitia, persiapan surat menyurat, kumpul atau pengarahan dengan pembimbing, pembuatan mading calon ketua, dan background serta adanya persiapan-persiapan lainnya.

Rangkaian kegiatan Panitia Pergantian Pengurus (P3) Tahun 2018 di Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining dibagi kedalam dua tahap. Tahap yang pertama dilaksanakan pada tanggal 12-17 Oktober 2018 dan tahap kedua akan dilaksanakan pada tanggal 27-30 Oktober 2018.

Tahap pertama yaitu dengan rangkaian kegiatan Fit And Propertest, steering committee calon ketua, debat calon ketua OSDC, OSADC, OSIDC, dan Koordinator Pramuka (Pendalaman Visi Dan Misi), pemilihan ketua OSDC, OSADC, OSIDC, dan Koordinator Pramuka, serta Steering Committe Bagian-Bagian Organisasi.

Dan untuk tahap kedua dengan rangkaian kegiatan laporan masing-masing bagian OSDC, OSADC, OSIDC, dan Koordinator Pramuka, pelantikan atau pengukuhan pengurus organisasi baru, dan sidang komisi, sidang pleno (Musyawarah Kerja), dan sidang paripurna (Pengesahan Program Kerja).

Debat adalah proses saling tukar menukar pendapat untuk membahas suatu isu dengan masing-masing pihak yang berdebat memberikan alasan ataupun argumen yang juga di dukung oleh informasi-informasi, bukti, ataupun data-data pendukung agar pendapatnya bisa dipertahankan atau dipercaya oleh orang banyak.

Hari ini juga senin, 15 oktober 2018 sudah dilaksanakan kegiatan debat calon ketua OSDC, OSADC, OSIDC, dan Koordinator Pramuka Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining. Dan untuk pelaksanaannya adalah untuk santri non asrama dimulai pada pukul 10.30 sampai selesai dengan dibagi dua tempat untuk Organisasi Siswa Darunnajah Cipining (OSADC) dilaksanakan di Aula Kampus Cikarang, dan untuk Organisasi Siswi Darunnajah Cipining (OSIDC) dilaksanakan di Aula Tahfidzul Qur’an Asrama Kampus 1.

Dan untuk santri asrama pelaksanaan debat calon ketua dilaksanakan pada malam hari setelah isya pukul 20.00 sampai selesai yang terbagi menjadi dua tempat juga untuk santri putra dilaksanakan di aula kampus 3 dan untuk santri putri dilaksanakan di lapangan basket asrama kampus 1.

Acara berjalan dengan baik dan lancar serta meriah, yang dimulai dengan acara ceremonial pembukaan, lantunan ayat suci al-qur’an, menyanyikan lagu indonesia raya, hymne oh pondokku, mars darunnajah, dan hymne satya darma pramuka, serta dilanjutkan dengan sambutan oleh kepala asrama, dan biro pengasuhan santri ataupun pihak-pihak terkait yang sudah mendapatkan surat tugas untuk menyampaikan prakata pada acara debat calon ketua tahun ini.

Acara debat ini dibagi menjadi beberapa sesi, yang pertama adalah penyampaian ataupun pemaparan visi dan misi dari masing-masing calon ketua, yang kedua adalah sesi tanya jawab dengan asatidz, yang ketiga sesi tanya jawab dengan santri kelas 6 TMI, sesi keempat sesi tanya jawab dengan santri anggota kelas 1, 2, 3, 4, int, dan kelas 5 TMI, serta sesi terakhir adalah sesi tanya jawab antar calon ketua satu dengan calon ketua lainnya.

Acarapun semakin seru dan meriah karena antara penanya sama yang ditanya saling adu argumen ataupun pendapat dengan bahasa arab, bahasa inggris, serta bahasa indonesia, dan pemandu acara ataupun moderator yang handal didalam membawakan acara serta adanya para pendukung-pendukung dari masing-masing calon dengan riuh tepuk tangan, sorak suara yang saling bersahutan, dan bahkan dengan tuisan-tulisan yang dibuat oleh masing-masing pendukung agar calon ketua yang di dukungnya tambah semangat dan tambah percaya diri.

Adapun tujuan dari debat calon ketua ini adalah sebagai wadah penyampaian ataupun pendalaman visi serta misi masing-masing calon, dan sebagai ajang agar masing-masing calon lebih percaya diri, lebih semangat, lebih terbuka yang nantinya ketika kelak terpilih menjadi ketua bisa menyerap, menerima, dan menmgaplikasikan aspirasi-aspirasi yang disampaikan baik oleh masing-masing calon maupun para hadirin yang turut hadir didalam kegiatan organisasi.

Dan untuk bisa mengikuti debat calon ketua sebelumnya sudah melalui berbagai tahap, mulai dari penyaringan dari kelas 5 dan kelas 6 TMI, tahap yang kedua penyaringan melalui fit and proper test serta steering committee oleh Pembina Pesantren, Pengawas pesantren, Kepala Biro, Kepala Asrama,  Kepala Sekolah atau kepala madrasah, pembimbing organisasi maupun pembimbing bagian.

Berikut adalah calon-calon ketua yang sudah lolos tahap uji kelayakan dan uji kepatutan atau fit and proper test dari masing-masing organisasi khususnya santri putra:

A. Calon Ketua OSDC Asrama Kampus 2 Putra :
1. Ahmad Kurniawan (Santri Kelas 5A SMK)
2. Zaky Ahmad Fauzi (Santri Kelas 5F TMI)

B. Calon Ketua OSDC Asrama Kampus 3 Putra
1. M Ariansyah (Santri Kelas 5B TMI)
2. Miftahul Ilmi (Santri Kelas 5A TMI)
3. Muhammad Shobirin (Santri Kelas 5A TMI)
4. Mufariz Alfiyanto (Santri Kelas 5B TMI)

C. Calon Ketua OSDC Asrama Tahfidzul Qur’an
1. Rian Nasrudin (Santri Kelas 5A TMI)
2. Muhammad Taufiqurrahman (Santri Kelas 5A TMI)

D. Calon Ketua OSADC Non Asrama
1. Redho Saputra (Santri Kelas 5A SMK)
2. M. Ibnu Rifki (Santri Kelas 5A SMK)
3. M. Aldiansyah (Santri Kelas 5A SMK)

E. Calon Ketua Koordinator Pramuka Asrama Kampus 2
1. Nendi Kumara (Santri Kelas 5A SMK)
2. Bayu Nur Widiantoro (Santri Kelas 5A SMK)

F. Calon Ketua Koordinator Pramuka Asrama Kampus 3
1. M. Kukuh Syahrial (Santri Kelas 5A TMI)
2. Bayu Pangestu (Santri Kelas 5A TMI)
3. Jalu Dara Angkasa (Santri Kelas 5B TMI)

G. Calon Ketua Koordinator Pramuka Asrama Tahfidzul Qur’an
1. Muhammad Fathurrahman Zain (Santri Kelas 5A TMI)
2. Raihan Fizri Alifta (Santri Kelas 5A TMI)

H. Calon Ketua Koordinator Pramuka Non Asrama
1. Dani Ramdhani (Santri Kelas 5A SMK)
2. Abdul Apip (Santri Kelas 5A SMK)
3. Akbar Aditya (Santri Kelas 5A SMK)

(WARDAN/NJalu)