Kegiatan rutin dua tahunan, Darunnajah Open (DNO) yang biasa diselenggarakan di Darunnajah Ulujami, tahun ini kembali bergulir. Untuk DNO yang ke-4 kali ini, panitia penyelenggera mengadakan 5 cabang mata lomba yaitu: Futsal, Basket, Silat, Pramuka, dan Marawis. Target juara umum sudah menjadi tujuan wajib yang harus diraih oleh kontingen dari Darunnajah Cipining, namun untuk cabang olahraga Basket Darunnajah 2 Cipining tidak mengikut sertakannya, karena beberapa hal.

Tepatnya pada hari Rabu sore (10/11/2010) seluruh peserta berkumpul di depan rumah pimpinan pesantren untuk meminta do’a restu agar dapat menjadi yang terbaik. “DNO adalah milik kita, dan bagaimanapun kita harus menjadi juara umumnya” ujar Pimpinan Pesantren dalam sambutan singkatnya. Dengan didampingi 3 Ustadz selaku pembimbing, yaitu Ust. Syarifuddin, Ust. Hari Wijaya, Ust. Khoirul Umam, kontongen Darunnajah Cipining (DNC) bergegas berangkat menuju Jakarta.

Jalannya Perlombaan

DNO yang ke-4 kali ini dibuka tepat pada hari kamis 11 November 2010 pada pukul 10.00 WIB di lapangan basket Pesantren Darunnajah Jakarta. Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 11 s/d  14 November 2010 ini secara resmi dibuka oleh Ka. Biro Pengasuhan Santri Ponpes Darunnajah Jakarta.

Pada hari pertama, para pesilat Darunnajah Cipining mulai menunjukan tajinya sebagai yang terbaik. Terbukti dari 9 Atlet yang dikirimkan, Tim silat DNC  menyisakan 7 atliitnya dan berhak melaju ke babak ke-2 . Keesokan harinya (12/11) lagi-lagi para pesilat Darunnajah belum dapat terbendung kekuatannya, dan seluruhnya melaju ke babak semi final dengan menyisakan ke 7 Atlitnya. Namun sayang, dilain tempat Tim Futsa MTs Darunnajah Cipining harus kandas dan gugur di tangan MTs Al-amanah Al gontory dengan skor  5-3. Pada saat yang sama, Tim Marawis Darunnajah sedang menampilkan permainan terbaiknya di hadapan penonton dan terutama didepan dewan juri.

Dihari ketiga, seluruh pertandingan silat telah mencapai puncaknya, karena seluruh pertandingan telah usai, mulai dari kelas A hingga kelas I dan Seni Tunggal. Dengan hasil yang diraih Tim silat dari DNC : 3 medali emas, 3 medali perak, dan 2 medali perunggu. Adapun perincian pemenangnya sebagai berikut :

Kelas A : Iqbal Maulana (santri kelas X TMI/Medali Emas)

Kelas B : M. Faqih (santri kelas IX TMI/Medali Emas)

Kelas D : Iman Taufik M (santri kelas XI TMI/Medali Perunggu)

Kelas E : Fajar Kurniawan (santri kelas XI TMI/Medali Perunggu)

Kelas G: Ali Ibrohim (santri kelas XI TMI/Medali Emas)

Kelas H : Fateh Abdul Aziz (santri kelas XI TMI/Medali Perak)

Kelas I  : Syahnuga Hayatullah (santri kelas XII TMI/Medali Perak)

Seni Tunggal : Maulana Yusuf (santri kelas XII TMI/Medali Perak)

Dilain tempat, Tim Futsal MA Darunnajah Cipining berhasil memenangkan pertandingan di babak penyisiahan pertama. Melawan SMA 47 Jakarta tim asuhan Ust. Syarif itu mencukur habis lawannya dengan skor  5-1 berkat gol yang diciptakan Mabrur (2 gol), Fawaz, Jhabar, Fahrurroji (1 gol) , dan berkat kemenangan itu para punggawa Timnas DNC berhak melaju ke babak semifinal keesokan harinya.

Dihari terakhir perlombaan, hanya Pramuka dan Futsal MA-lah yang masih akan bertanding. Di babak semifinal Darunnajah Cipining harus bersua dengan Tim tuan rumah dari Darunnajah Jakarta, setelah melalui pertandingan yang sengit, dengan skor akhir 2-2 berkat gol yang diciptakan Fawaz (2 gol) melalui titik penalty, dan bola blunder dari bek Darunnajah Jakarta. Akhirnya, Tim MA Darunnajah Cipining berhak melaju ke babak Final setelah melakukan adu penalty dengan skor 4-3 untuk kemenangan Tim DNC berkat gol penentu Shobirin.  Sorak-sorai gembirapun membahana di bumi Ulujami setelah kemenangan ini, selain dapat mengalahkan Tim tuan rumah untuk yang kedua kalinya setelah 2 tahun lalu, Tim dapat melaju ke babak final.

Namun, dikarenakan kelelahan setelah hanya istrahat 2 Jam setelah babak semifinal para pemain MA Darunnajah Cipining harus mengakui kekalahannya dari Pesantren Madinatunnajah di babak final dengan skor 4-2, dan akhirnya hanya menduduki peringkat ke 2 DNO ke-4 cabang Ftsal MA. Tapi, ini merupakan prestasi tersendiri bagi para pemain. Ini merupakan final futsal pertama selama kurang lebih 3 tahun berdirinya futsal di Darunnajah. Terlihat dari seluruh pemain merasa cukup puas dengan hasil ini, terlebih bagi mereka yang masih berkesempatan mengikuti DNO yang ke-5 nanti.

“Ini merupakan prestasi pertama yang berharga, semoga ini menjadi awal untuk prestasi-prestasi selanjutnya terutama futsal” ujar fawaz, selaku kapten Tim MA DNC. Adapun untuk para pemain Futsal yang mengharumkan nama DNC adalah :

  1. M. Fawwazul Haqie         Kelas XII a TMI
  2. Fahrurroji                            Kelas XII a TMI
  3. Sayyidu Syuhur                 Kelas XI  a TMI
  4. Abdul Jhabar                      Kelas XI  a TMI
  5. Abid M                                 Kelas XII c
  6. M. Mabrur                          Kelas 1 SMK
  7. Thoyib                                  Kelas 1 SMK
  8. Dheni                                    Kelas 1 SMK
  9. Abu Shobirin                      Kelas 1 SMK
  10. Rijal                                        Kelas 1 SMK

Setelah rehat untuk sholat ashar, kagiatan penutupan DNO yang ke-4 pun dimulai, ini merupakan acara yang paling dinanti bagi seluruh peserta yaitu pengumuman pemenang. Namun sayang, hingga akhir penutupan, tidak ada lagi kemenangan yang kita (kontingen Darunnajah Cipining) raih. Baik di cabang Marawis maupun Pramuka, dan akhirnya target juara umumpun harus pergi melayang. Semoga DNO yang akan datang kita dapat membalasnya, Amin. Bravo DNC…!!! (Boom/ M. Fawaz)