Rabu, 28 Agustus 2019

Bersama Wakil Dubes KBRI Sri Lanka Bapak Dwatmaji Hanomanresi

Bersama Wakil Dubes KBRI Sri Lanka Bapak Dwatmaji Hanomanresi

1. Diterima oleh Wakil KBRI Sri Lanka Bapak Dwatmaji Hanomanresi (Konselor urusan politik), yang pernah bertugas di Jepang dan Hong kong dan Lia Kartika Sari (Sekretaris kedua bidang press dan sosial budaya).

Bersama Direktur Kementrian Urusan Agama Islam Sri Lanka

2. Kunjungan ke Sekretariat Kementrian Agama Islam Sri Lanka. Diterima oleh Sekretaris Jendral Kementrian, Kepala Kantor Kesekretariatan dan Direktur Kementrian Agama Islam Sri Lanka Mr. A. B. M. Ashraff, MBA., beliau sangat senang dan terbuka terhadap Pondok Pesantren Darunnajah dan berharap pelajar muslim di Sri Lanka dapat melanjutkan belajarnya di Indonesia, terutama Pondok Pesantren Darunnajah.

Kunjungan ke Insaniyya Arabic College

3. Kunjungan ke Insaniyya Arabic College salah satu pesantren Tahfidz tertua di Colombo, yang sudah berumur 30 tahun didampingi perwakilan dari KBRI Sri Lanka dan perwakilan dari kementerian agama Sri Lanka.

Kunjungan ke Kulliyyathul Imam Shafiee litahfidzil Qur’an

4. Kunjungan ke Kulliyyathul Imam Shafiee litahfidzil Qur’an, memiliki dua tingkatan pendidikan. Menghafal untuk tingkat dasar dan Kulliyyathul Syariah untuk tingkat menengah.

Kamis 29 Agustus 2019

Bertemu dengan pimpinan tertinggi Thariqah Qadiriyah Alawiyah

1. Bertemu dengan pimpinan tertinggi Thariqah Qadiriyah Alawiyah di Ketchimala Darga Syarif kota Beruwala, yang terletak di atas bukit di samping Samudra Hindia.

Kunjungan ke Jamiah Naleemiah Sri Lanka

2. Kunjungan ke Jamiah Naleemiah Sri Lanka anggota persatuan universitas Islam Dunia, satu-satunya lembaga pendidikan Islam Modern yang ada di Sri Lanka dengan luas 25 Hektar, dan sudah berumur 30 Tahun. Universitas ini memiliki dua program studi yaitu bahasa Arab dan Dirasah Islamiyah. Dengan masa studi 7 tahun, 3 tahun untuk tingkat Aliyah dan 4 tahun untuk perguruan tinggi.

Kunjungan ke Al-Ashrafiyyah Arabic College

3. Kunjungan ke Al-Ashrafiyyah Arabic College yang berada dibawah Thariqah Qadiriyah Alawiyah berpusat di Beruwala kota di samping pantai samudra Hidia yg diyakini sebagai tempat pertama turunnya para da’i arab di bumi Sri Lanka.

 

4. Kunjungan ke masjid Abror, masjid tertua di Sri Lanka yang dibangun sejah abad ke 9 Masehi atau 4 Hijriah. Di Masjid ini kami diperlihatkan Al-Qur’an tulisan tangan yang berumur kurang lebih 200 s/d 250 tahun.

Di Depan Masjid Al-Azhfar

5. Kunjungan ke masjid Al-Azhfar yang terletak di kota Colombo, ditengah pasar yang mayoritas penduduknya muslim.

Menurut informasi KBRI Sri Lanka, jumlah penduduk muslim di Sri Lanka sudah mencapai 25% tapi untuk menghindari konflik dengan agama lain (Hindu), Kementrian Agama Islam Sri Lanka tetap mencantumkan 10 % jumlah muslim dalam data negara.

Semoga Allah menguatkan muslim Sri Lanka dan negara-negara lainnya.

الإسلام يعلو ولا يعلى عليه

Colombo, 27-30 Agustus 2019