60398_701807216503053_928055292_nSiapa yang tidak kenal dengan Imam Syafi`ie, salah satu ulama mazhab yang mashur dalam Islam ini menjadi mazhab mayoritas di Indonesia, beliau lahir di Palestina dan wafat di Kota Kairo Mesir. Salah satu kata mutiara yang tidak asing di kalangan santri adalah ungkapannya tentang ajakan untuk merantau demi menuntut ilmu “safir tajid iwadan amman tufariquhu”, pergilah “untuk mencari kebaikan” niscaya engkau akan mendapatkan pengganti dari yang kau tinggalkan.

Untuk mengisi liburan semester tahun 2013 ini, Nurul Taufik, santri kelas XI MA Darunnajah Cipining Bogor yang naik ke kelas akhir ini melakukan perjalanan ribuan kilometer ke negeri para nabi di mana imam syafi`ie dimakamkan. Setelah mendapatkan izin dari pimpinan pesantren dan mengurus berkas-bekas yang diperlukan, pada tgl 21 juni 2013, ia bertolak menuju Cairo Mesir dari bandara Soekarno Hatta menggunakan maskapai Egypt air.

Berbekal keberanian dan keyakinan kepada Allah SWT, santri yang juga pegiat pramuka ini dengan bismillah berangkat sendiri ke Mesir. Setelah sempat transit di Kuala Lumpur, Malaysia dan Bangkok Thailand, pada pukul 05:00 pagi waktu Cairo Taufik tiba di negeri yang terkenal dengan al-azhar nya ini dan dijemput kakak kelas nya di Darunnajah Cipining alumni 19 yaitu Ahmad Fahmi Kamil, Fateh Abdel Aziz dan Abdul Jabar yang sedang menempuh pendidikan di Al-Azhar Cairo.

Setelah sampai di Cairo, Taufik selalu mengingat pesan bapak Kyai sebelum berangkat ke Mesir, “….Selama disana harus belajar berkomunikasi dan bermuam’alah dengan orang asing seperti berbelanja dan bertanya tentang sejarah-sejarah  agar terbiasa mengucapkan bahasa arab…..”. untuk itu ketika sampai di Cairo keesokan harinya, Taufik langsung  mendaftar di tempat kursus bahasa arab  di Maskaz Lisan Assalam di kawasan Nasr City.

Di sela-sela mengikuti kursus, santri kelahiran 1996 ini memaksimalkan waktu dengan mengunjungi masjid al-azhar dan kampus al-azhar di cairo. Selain itu ia berinteraksi dengan masyarakat Mesir untuk melancarkan bahasa arab. (WARDAN/Nurul Taufiq&Elana TodoMore)