Bulan Januari 2019 menjadi lebih istimewa buat para santri, pasalnya Pesantren yang menjadi tempatnya menuntut Ilmu ternyata dipilih untuk menjadi tempat syuting Film Negeri 5 Menara versi Serial. Film yang diangkat dari Novel Bets Seller dengan judul yang sama, yang ditulis oleh Ahmad Fuadi ini pernah sukses dengan versi layar lebar. Tidak lama lagi, kita akan menikmati Film ini dalam bentuk serial di platform Mobile di Aplikasi Maxstream, pengguna Telkomsel. Informasi dari Avesina Soebli sebagai Produser menyampaikan bahwa film ini akan rilis pada bulan Ramadhan tahun ini.

Ahmad Fuadi, penulis Novel Negeri 5 Menara pernah datang ke Pesantren Darunnajah 2 Cipining, dalam acara Program Baca Pelajar (PBP) pada tahun 2010 silam. Berkat kehadiran beliau ke Darunnajah 2 Cipining, sedikit-banyaknya sudah mengenal dan mengetahui lingkungan Pesantren Darunnajah 2 Cipining yang berlokasi di Bogor ini. Sehingga saat ada tim produksi yang menawarkan pembuatan film versi serial ini kepada Ahmad Fuadi, maka beliau merekomendasikan Pesantren Darunnajah 2 Cipining sebagai salah satu kandidat tempat pembuatan film. Lantas apa yang menjadi daya tarik sehingga Pesantren ini dilirik? Ternyata karena menaranya. Sesuai dengan temanya, pesantren yang akan dijadikan tempat syuting harus memiliki menara.

Avesina Soebli adalah seorang kreator dan Produser Film yang telah menghasilkan kurang lebih 23 film layar lebar (2008-2018), dan sejumlah produksi serial TV, FTV, dan program TV lainnya. Debut film layar lebar dimulai dalam produksi Laskar Pelangi berikut sequel-nya; Film Garuda di Dadaku, Film Garuda 19, Film 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta, Film Perahu Kertas, Film Ambilkan Bulan, Film Sepatu Dahlan, Film Emak Ingin Naik Haji, Film Toba Dreams, Film Hujan Bulan Juni, Film Bunda Cinta Dua Kodi, Film Mata Dewa, dan lain-lain.

Tentu penasaran juga siapa saja aktor dan aktris yang berperan dalam film ini? Ya, sedikit berbeda dengan film versi layar lebarnya yang mengambil peran utama lebih banyak dari para santri. Film Negeri 5 Menara versi Serial ini cukup bertabur bintang remaja. Berperan sebagai Alif Fikri adalah Endy Alfian, ayah Alif; Tasman Taher, Ibu Alif; Tri Yudiman, Pak Kyai; Donny Damara, Sarah (anak kyai); Jennifer Coppen, Ustadz Salman; Chand Kelvin dan sederetan artis kenamaan lainnya. Kegiatan syuting ini difokuskan di kawasan Asrama Putra (kampus 3), sehingga perpindahan dari satu tempat ke tempat lainnya tidak terlalu jauh.

Syuting yang dilaksanakan pada hari Kamis 17 Januari 2018 ini merupakan pengambilan gambar untuk keperluan video Teaser film tersebut. Kegiatan ini ditargetkan selesai dalam satu hari. Kegiatan syuting dimulai pagi hingga malam hari, mengingat padatnya reka adegan yang akan diambil. Kegiatan syuting sedikit tertunda karena hujan, sehingga tidak memungkinkan dimulainya syuting. Setelah menjelang dzuhur, adegan pertama pun diambil. Para santri dan guru yang terlibat dalam kegiatan ini, nampak sangat antusias. Menjadi wajar karena ini adalah pengalaman perdana terlibat langsung dalam proses pembuatan film.

Adapun untuk syuting film pasca video Teaser ini, jika tidak ada perubahan agenda, akan dilaksanakan pada bulan Februari 2019 selama satu bulan penuh, dan kemungkinan besar juga tempatnya masih di Pesantren Darunnajah 2 Cipining. Film yang akan dibuat sebanyak 30 Episode ini ditargetkan selesai dalam waktu kurang dari 25 hari. Semoga pada waktunya nanti rilis, para pecinta film inspiratif dan edukatif bisa menikmati tayangan film ini, nantikan di Maxstream selama Ramadhan. Man Jadda Wajada! [WARDAN/DR]