Ilustrasi Surat Permohonan

Sebelum meminta seseorang untuk kesediannya dalam melakukan suatu hal, tentu kita harus mengajukan surat permohonan kepada orang tersebut agar memastikan bahwa ia dapat memenuhi permohonan yang kita buat tersebut atau keberatan serta menolak untuk dapat memenuhi permohonan yang kita buat.

Dalam membuat surat permohonan tersebut, kita wajib memakai dan menerapkan langkah yang baik dan benar supaya dapat memenuhi kode estetika yang berlaku.

Surat permohonan yang kita buat diharapkan mencantumkan nomor atau berapa banyak surat yang akan keluar terutama untuk organisasi pelajar, kemudian cantumkan tempat dibuat nya surat tersbut serta tanggal berapa dibuatnya surat itu, kemudian cantumkan kepada siapa kita akan memberikan surat tersebut. Ingat nama yang dicantumkan harus sesuai dengan nama orang tersebut, dilanjutkan dengan salam, lalu buat pernyataan untuk apa dibuatnya permohonan itu, lalu cantumkan tanggal, hari, dan tempat dimana kegiatan itu kan dilangsungkan, kemudian penutup, dan sebagai langkah terakhir buat persetujuan pembimbing dan organisasi.

Masih bingung? dengan langkah langah tadi, berikut ini adalah contoh surat permohonan yang dapat menjadi rujukan yang baik:

Nomor             : 02/Pengajaran /OSNI/I/2019                                         Serang, 29 Januari 2019      Hal                  : Permohonan Menjadi Pembimbing Tahfidz

Yth.`

Ust. Hamdani Majid

Di Tempat

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam sejahtera kami ucapkan semoga Ustadz selalu dalam keadaan sehat wal’afiat serta dapat menjalankan segala aktifitasnya dengan baik dan mendapat ridho serta rahmat dari Allah SWT. Amin.

Dengan ini kami selaku Bagian Pengajaran Organisasi SantrI Nurul Ilmi (OSNI) bermaksud untuk meminta kesedian ustadz menjadi pembimbing Tahfidz pada :

 

Hari      : Rabu, Jum’at & Ahad

Waktu   : 18:30 s/d Selesai

Tempat : Depan Aula Makkah

 

Demikianlah surat permohonan ini kami sampaikan atas perhatian ustadz, kami ucapkan banyak terimakasih.

 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Mengetahui,

 

 

                                                                                                                                                           Sekretaris                                                                  Ketua. Bag. Pengajaran

Menyetujui,

                                               

 

Pembimbing

Mudah bukan untuk membuat sebuah surat permohonan kepada orang yang akan dituju. Ingat jika kita ingin membuat surat permohonan harus dilengapi berbagai persyaratan dan langkah langkah nya, agar kita dapat memberikan surat permohonan yang baik & benar.

(Santri Tv/Rafi)