Menu

Cara mudah bershodaqoh tanpa maal (harta)

shodaqoh

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

 

  1. Apa sih yang dimaksud shodaqoh ?

Cara mudah bershodaqoh tanpa maal sangatlah mudah jika dilakukan dengan tulus. Shodaqoh adalah dimana kita dapat memberi apa yang kita punya kepada orang lain apalagi bagi mereka yang sangat membutuhkan. Shodaqoh banyak dilakukan oleh kalangan umat muslim dan muslimat, karena shodaqoh sangat dianjurkan bagi setiap umat. Jadi, kita sebagai umat muslim dan muslimat harus bershodaqoh.

 

  1. Apa bedanya shodaqoh dan zakat ?

Shodaqoh adalah dimana ketika kita memberi pada mereka yang sangat membutuhkan

Tanpa ada perintah wajib jadi , shodoqoh itu irodah (kemauan) yang ada pada diri sendiri tanpa ada yang mewajibkannya.

 

Namun berbeda dengan zakat, jika zakat ia harus dan sangat diwajibkan bagi kita umat muslim dan muslimat. Karena perintah Allah SWT mengenai zakat yaitu wajib.

 

  1. Kenapa shodaqoh dan zakat sama-sama penting ?

 

Sahabat fillah, disini sudah jelas dan pasti keduanya sangat penting walaupun diantara salah satunya ada yang tidak diwajibkan, apa itu ?

Yaitu sama-sama mengandung kebaikan diantara keduanya. Jadi, tidak akan mungkin segala kebaikan itu dilarang. Justru segala kebaikan itu harus selalu ditingkatkan dan dikembangkan.

 

  1. Apakah dosa jika tidak bershodaqoh ?

Sesungguhnya jika kita tidak bershodaqoh masalah, akan tetapi apakah mungkin kita sebagai hamba Allah sampai tidak punya keinginan untuk bershodaqoh,

sedangkan banyak harta yang telah Allah limpahkan pada kita agar kita bershodaqoh atau agar kita memberi pada saudara kita.

Jadi, walaupun shodaqoh tidak diwajibkan seperti zakat kita tetap harus melakukannya. Namun jika melakukan keduanya itu sangat lebih baik.

 

  1. Apa saja yang harus dishodaqohkan ?

 

Untuk hal shodaqoh kita bisa menggunakan apa saja untuk melakukannya, misalnya dengan cara membantu saudara sekitar yang terkena musibah dan kita menolongnya atau dengan cara kita memberi makan pada anak yatim dan piatu.

Jadi, bershodaqoh tidak harus dengan harta akan tetapi dengan tenaga yang telah kita beri itu termasuk shodaqoh.

  1. Apakah dengan shodaqoh kita dapat pahala atau balasan baik dari Allah ?

Jelas kita mendapat pahala dari Allah, karena perbuatan yang kita lakukan ini adalah

perbuatan yang sangat baik, kenapa ? Karena kita bisa membantu orang yang membutuhkan bantuan kita.

Dan dengan cara inilah dimana kita bisa mendapatkan cara yang sangat mudah dimana kita untuk mendapatkan pahala yang sangat banyak dan besar.

 

  1. Bagaimana cara agar istiqomah dalam kebaikan ?

 

shodaqoh
shodaqoh

Jika kita ingin selalu istiqomah dalam kebaikan, maka yang harus ada pada diri kita adalah niat dan kemauan untuk selalu berbuat baik, jika niat dan kemauan sudah ada pada diri kita maka sangat mudah bagi kita untuk benar-benar bisa beristiqomahalam hal kebaikan.

Namun menjalankan kebaikan itu mudah, akan tetapi istiqomah dalam kebaikanlah yang sangat sulit.

dTetapi kita juga tidak boleh untuk benar-benar putus asa, karena kita bisa jika kita terus berusaha. Jadi kunci yang penting disini adalah harus selalu istiqomah dalam segala

kebaikan.

 

  1. Apakah dalam bershodaqoh ada batasan usia ?

 

                      

Untuk hal bershodaqoh sungguh tidak ada batasan usia, karena dalam segala pekerjaan baik dapat dilakukan oleh siapa saja bahkan tidak mengenal usia.

Seperti dapat dilakukan oleh anak kecil, remaja, dewasa bahkan orang yang sudah lanjut usia. Jadi, semua orang baik tua maupun muda dan kecil maupun besar itu sangat dianjurkan untuk kita.

Jadi, tidak ada rasa minder atau sebagainya untuk melakukan setiap kebaikan.

 

  1. Shodaqoh apa yang paling simple ?

Hal ini diantara kalian pasti sudah mengetahui bahwa cara mudah bershodaqoh tanpa harus mengeluarkan harta, menyumbangkan dana dan mengeluarkan tenaga yaitu dengan cara “senyum”.

Dari semua orang pun pasti tidak ada halangan jika harus memberikan shodaqohnya berupa senyum.

Karena ini adalah cara yang paling mudah untuk kita bershodaqoh, jadi jika kita tidak bershodaqoh dengan cara mengeluarkan harta ataupun yang lainnya, kita bisa menyumbangkan senyum untuk bershodaqoh.

Mungkin kita dapat berbuat baik dengan cara ini, karena tidak semua dari kita mempunyai harta dan tenaga yang kuat sehingga dengan hal yang simple ini kita dapat bershodaqoh dan tentu mendapat pahala.

 

LISAN/peraamelia

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

15 Hari Menuju Ramadhan
Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor

15 Hari Menuju Ramadhan Apa Persiapan Mu?

Ramadhan sebentar lagi… يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ [البقرة : 183] (Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan