Menu

Bekal Untuk Pengurus Baru

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Wardan [11/11/13] Untuk mempercepat dan memberikan keleluasaan santri kelas akhir (XII MA) dari padatnya kegiatan-kegiatan keorganisasian serta berkonsentrasi penuh persiapkan diri sukseskan ujian pesantren dan Nasional, Biro Pengasuhan Santri percepat pergantian pengurus dari waktu biasanya.
Pergantian pengurus organisasi santri yang semula pada bulan Februari, dalam setiap periodenya, pada tahun ini menjadi bulan Nopember.
IMG_20131102_210425Rangkaian kegiatan pergantian pengurus diawali dengan pengajuan formatur dari forum santri kelas XI dan X. Nama-nama yang diajukan kemudian dibawa kepada team kecil, terdiri dari Biro Pengasuhan Santri, Biro Pramuka dan Penngembangan Prestasi Santri, Biro SDM, kepala-kepala asrama, unsur kemanan, pembimbing kegiatan dan wali-wali kelas.
Dalam team kecil dimaksud, diputuskan kandidat calon ketua organisasi kampus 1, 2, dan 3, yang nantinya akan dipilih secara langsug, umum, bebas dan rahasia, dengan pemilih dari seluruh santri/siswa Darunnajah dan para pendidiknya dengan tempat, waktu yang telah ditentukan.
Pada tanggal 2 Nopember 2013, malam hari, pukul 20.30 s.d. 23.45 WIB diadakan pemiliahan secara langsung di Aula Kampus 3 untuk asrama putra, dan di lapangan basket untuk asrama putri.
Terpilih sebagai ketua organisasi putra : Rizki Alfian (Ketua OSDC), M. Farriz Khairul Fajri (Ketua Tahfizh), M. Rayhan (Ketua OSDC Kampus 2). Putri : Anna Septiana (Ketua OSDC), Nur Zakiyyah (Ketua Tahfizh), Zahrotul Azizah (Ketua OSDC Kampus 2).
Dilanjutkan kemudian tanggal 3 dan 4, laporan pertanggungjawaban organisasi santri dan organisasi siswa serta koordinator pramuka putra. Sedangkan pada tanggal 5 dan 6 untuk laporan pertanggungjawaban bagi organisasi dan koordinator pramuka putri.
Dalam laporan pertanggungjawaban tersebut setidaknya ada 13 bagian OSDC dan 4 bagian koordinator. Bagian-bagian tersebut adalah : Sekretaris, Keamanan, Peribadatan, Adab, Bahasa, Penerangan, Pengajaran, K-4, Perpustakaan, Olahraga, Penerimaan Tamu, Kesejahteraan dan Tahfizh Al-Qur’an. Untuk Koordinator Pramuka : Ankuset, Ankulat, Ankusani dan Ankuperkap.

Laporan Pertanggungjawaban
Laporan Pertanggungjawaban
Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah pelantikan pengurus organisasi asrama dan nonasrama. Kamis, 7 Nopember 2013 pelantikan pengurus bagi santri putra (asrama dan nonasrama). Jum’at, 8 Nopember 2013 pelantikan pengurus santri putri (asrama dan nonasrama).
Mereka dilantik secara langsung oleh Bapak Pimpinan Pesantren, KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc, disaksikan oleh kepala-kepala biro, dewan guru, pengurus lama, dan seluruh santri.
Pada momen ini pula, diperdengarkan laporan pertanggungjawaban ketua organisasi dan bendahara.
Hari, Ahad, 10 Nopember 2013, pengurus baru yang sudah dikukuhkan memegang estafet tampuk kepengurusan masa bakti 2014-2015 adakan musyawarah kerja selama satu tahun ke depan.
Agar pembelajaran organisasi santri lancar, berjalan sesuai dengan harapan, maka Biro Pengasuhan Santri, melalui Panitia Pergantian Pengurus adakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK).
Diharapkan dengan kegiatan ini, mereka mampu memposisikan dirinya pada bagian yang telah diembankan masing-masing berjalan optimal, mengerti apa yang harus dikerjakan, membuat mereka senang dan tanpa ada rasa keterpaksaan dalam menjalankannya.
Hakikatnya kegiatan keorganisasian ini, kegiatan pokok dan penting bagi santri. Ke depannya, di saat-saat mereka telah menjejaki medan perguruan tinggi, bergumul dengan berbagai ragam manusia dan kegiatan sudah tidak canggung lagi, menjadi manusia aktif, kreatif dan inovatif.
Latihan Dasar Kepemimpinan bagi pengurus diadakan selama 3 hari, Selasa s.d Kamis, 12-14 Nopember 2013, dengan jadwal sebagai berikut :
Selasa, 12 nopember 2013 :
1. Pembukaan oleh Pimpinan Pesantren/Biro Pengasuhan Santri
2. Tingkatkan Citra Diri Pengurus Organisasi Santri, oleh Ustadz Muhlisin Muhtarom, S.HI
3. Penyusunan Program KerjaLaporan Pertanggungjawaban, oleh Ustadz Dede Maryadi
4. Mengembangkan Seni Dalam Jiwa, oleh Ustadz Nur Fathoni, S.HI
5. Administrasi dan Kesekretariatan, oleh Amin Songgirin, S.HI
6. Dinamika Kelompok, oleh Ustadz Nasution, S.Ag
7. Scouting is Fun, oleh Ustadz Saeful Hadi Scada, S.Pd.I., MT

Rabu, 13 Nopember 2013
1. Mengelola Keuangan Dengan Baik, oleh Ustadz Muhammad Muddatsir, S.HI
2. Teknologi Informasi dan Komunikasi, Ustadz Asmari Ichsan, S.Kom
3. Kepengasuhan, oleh Ustadz J.J. Juraemi, S.Ag
4. Menjalin Komunikasi Yang Baik Antarbagian, oleh Ustadz Bunazar Alim, S.Pd.I
5. Manajemen Organisasi, oleh Ustadz Fahmi Dzikrillah, S.IP

Kamis, 14 Nopember 2013
1. Membangun Jiwa Kepemimpinan, oleh Ustadz Syamsul Rahman, M.Ag (Trainer dan Motifator)
2. Problem Solving, oleh Ustadzah Ela Hulasoh, S.Sos
3. Achievement Motivation Training, oleh Ustadz Syamsul Rahman, M.Ag (Trainer dan Motifator)
4. Penegakan Disiplin Dalam Dunia Pendidikan, oleh Ustadz Septa Candra, S.H., M.H (Dosen UMJ)
Semoga rangkaian kegiatan untuk mempersiapkan santri berorganisasi berjalan dengan baik dan memberikan manfaat. [Mr. Song]

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait