Search
Close this search box.

Kegiatan Rihlah Al – Iqtishodiyah Santri Kelas 6 TMI: Menambah Wawasan Ekonomi Untuk Bekal Di Masa Depan

Kegiatan Rihlah Al – Iqtishodiyah Santri Kelas 6 TMI: Menambah Wawasan Ekonomi Untuk Bekal Di Masa Depan

Pada tanggal 31 Januari 2024, para santri kelas 6 Tarbiyatul Mua’limin Wal Mua’limat Al Islamiyah (TMI) dari Pondok Pesantren Annahl Darunnajah 5 mengikuti kegiatan Rihlah Iqtishadiyah di PT. Yakult Indonesia Persada Sukabumi. Kegiatan ini menjadi program wajib tahunan untuk melengkapi pengetahuan santri sebelum mereka memasuki masyarakat sebagai alumni pondok pesantren.

PT. Yakult Indonesia Persada Sukabumi yang terletak di Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menjadi tujuan Rihlah Iqtishadiyah kali ini. Peserta kegiatan dibagi menjadi tiga kelompok, dengan keterangan 2 kelompok putri dan 1 kelompok putra. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman yang lebih baik tentang aneka ragam unit usaha yang tidak diajarkan melalui kurikulum terstruktur di dalam kelas.

Acara dimulai dengan sambutan dari perwakilan PT. Yakult Indonesia Persada Sukabumi yang menjelaskan mengenai profil perusahaan, proses produksi, dan kontribusi perusahaan terhadap perekonomian lokal. Para santri kemudian dibimbing untuk melakukan kunjungan ke berbagai fasilitas produksi, seperti laboratorium, pabrik, dan ruang distribusi.

Para santri mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan para pekerja di PT. Yakult Indonesia Persada Sukabumi, bertanya tentang proses produksi, manajemen perusahaan, dan tantangan yang mereka hadapi. Selain itu, mereka juga diajak untuk memahami nilai-nilai ekonomi Islam yang dapat diterapkan dalam konteks dunia usaha.

Kegiatan Rihlah Iqtishadiyah diakhiri dengan sesi refleksi di mana para santri dapat berbagi pengalaman dan pemahaman yang mereka dapatkan selama kunjungan. Diharapkan, pengetahuan yang didapat dalam kegiatan ini dapat memberikan bekal berharga bagi para santri saat mereka melangkah ke masyarakat sebagai bagian dari alumni Pondok Pesantren Annahl Darunnajah 5.

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah