Menu

Begini Doa Atasi Bingung Dan Hutang Dari Rasulullah SAW

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Siapa yang tak mau terbebas dari bingung dan hutang, Setiap orang pasti ingin mengatasinya. Hutang adalah janji, dan dalam perihal hutang ini tak main-main bahkan apabila kita tak melunasinya di dalam dunia  maka nanti kita akan ditagih di-akhirat kelak, na’udzubillah min dzalik, kecuali sang pemberi hutang membebaskan kita dari hutang tersebut.

Bagaimanapun kita harus melakukann usaha dan doa untuk mengatasinya, dan berikut adalah doa dari rasulullah kepada sahabatnya yang sedang bingung untuk melunasi hutangnya.

Dari Abu Sa’id Al Khudri, dia berkata: Pada suatu hari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam masuk ke masjid, saat itu dia bersama seorang  laki-laki dari Anshar yang dipanggil Abu Umamah. Lalu  beliau bersabda:

“Wahai Abu Umamah, tidaklah saya melihat engkau duduk di masjid selain di waktu shalat saja?” Beliau menjawab: “Saya selalu gelisah dan berhutang ya Rasulullah.” Lalu Nabi bersabda: “Maukah kamu saya ajarkan ucapan yang jika engkau katakana Allah ‘Azza wa Jalla akan hapuskan kegelisahanmu dan melunaskan hutangmu?” Dia menjawab: “Tentu ya Rasulullah.” Rasulullah bersabda: “Bacalah setiap pagi dan sore”:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

[Allâhumma innî a‘ûdzu bika minal hammi wal hazan. Wa a‘ûdzu bika minal ‘ajzi wal kasal. Wa a‘ûdzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a‘ûdzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijâl]

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan ¸aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari liliran hutang dan penindasan orang-orang.”

Berkata Abu Umamah: “Lalu saya lakukan hal itu, maka Allah ‘Azza wa Jalla menghilangkan kegelisahan  dan hutang saya.” (HR. Abu Daud, Kitabush Shalah Bab Fil Isti’azah No. 1555)

 

Begitulah hadits yang menerangkan tentang doa yang inshaallah akan menambahka kemudahan-kemudahan untuk melunasi hutang-hutang, kebingungan bahkan dari kesedihan, kelemahan, ketakutan, kekikiran dan, penindasan orang orang. Semoga kita selalu dalam pertolongan-Nya. Aamiin.

(DN.COM/rizqillah)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Manasik Haji Nurul Ilmi Darunnajah 14

Serang- Haji merupakan salah satu rukun iman yang ke lima. Ibadah yang dilakukan oleh umat muslim apabila ia mampu. Mampu secara jasmana, rohani dan materi.