Asal Mula Munculnya Nama Indonesia
Menu

Asal Mula Munculnya Nama Indonesia

Merah butih, 30/10/18

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
Merah butih, 30/10/18
Merah putih bendera indonesia, 30/10/18

Masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui sejarah tentang bangsa indonesia, lebih khususnya lagi sejarah tentang asalmula nama negara tercinta kita Indonesia, mautau ? Yu kita simak penjelasan berikut ini.

– Negarlandshe-Indie
Atau biasa kita kenal dengan Hindia-Belanda, pemerintahan belanda menggunakan nama Hindia-Belanda pada masa penjajahan Belanda terhadap Indonesia.

– INDUNESIANS
Nama ini sendiri muncul pertamakali di dalam Jurnal yang berjudul “On The Leading Characteristics of the Papuan, Australian and Malay-Polynesian Nations” yang di tulis oleh seseorang yang bernama George Samuel Windsor Earl
( Inggris ) pada tahun 1850.

– INDONESIA
Sebagai seorang murid George Samuel Windsor Earl, James Richardson Logan (Skotlandia), ia mengganti huruf “u” dengan “o”, yang tertulis di dalam jurnal artikel nya yang berjudul “The Ethnology of the India Archipelago” yang di tulis pada tahun 1850.

-INDONESIEN
Istilah tersebut di munculkan oleh seorang ilmuwan dari jerman yang bernama, Adolf Bastian dalam jurnal nya “Indonesien Order die Inseln des malayischen Archipels”, pada tahun 1884.

-MULAI DIPAKAI PRIBUMI
Pada saat itu mulai muncul nya koran yang bernama “Indonesia Merdeka”, koran ini milik organisasi Indonesische Vereeniging dan akhirnya organisasi ini di ubah nama menjadi Perhimpunan Indonesia pada tahun 1925.

-MULAI DI GUNAKAN SECARA NASIONAL
Istilah ini pun mulai menyebar luas keseluruh negri indonesia, dan akhirnya di ikrarkan dalam Sumpah Pemuda yang di laksanakan pada tanggal 28 Oktober 1928, ” Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa Indonesia ”

Dan pada saat proklamasi kemerdekaan Indonesia pun, resmi memakai nama INDONESIA.

(Adm-DN9 Tiasty katiara)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Maklumat Pimpinan Terkait Peraturan Terbaru Kedatangan Santri

Maklumat Pimpinan Pesantren Annur Darunnajah 8 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 dan Kedatangan SantriMaklumat Pimpinan Pesantren An-Nahl Darunnajah 5 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 Dan