BOGOR/dn.com – Ada suasana yang khas di Pesantren Annur Darunnajah 8 setiap awal tahun ajaran baru. Suasana formal yang biasa ada dalam proses belajar normal tidak terlalu mencolok. Sebaliknya, banyak kegiatan non-formal yang dilakukan oleh santri. Mereka sibuk berkelompok untuk mempersiapkan penampilan Apel Tahunan yang dilaksanakan pekan September ini.

Upacara Khutbatul Arsy di Pesatnren Annur dilaksnakan hari Rabu, 5 September 2012 pagi hari yang dimulai pk. 07.00 Wib. Dipimpin langsung upacaranya oleh Pimpinan Pesatnren, Ust. Hadiyanto Arief, SH., M.Bs. Upacara apel tahunan dihadiri pula oleh Ketua Yayasan Darunnajah, H. Saifudin Arief, SH.MH., pengurus Dewa Nazir, Drs.K.H. Mad Rodja Sukarta dan Tim 19 dari Darunnajah Jakarta. sambutan-sambutan secara berurutan oleh Ust Hadiyanto, dilanjutkan Ust Saifudin dan terakhir oleh Ust. Mad Rodja, serta do’a penutupan oleh Ust. H. M. Dahlan, S.Ag.

Penampilan-penampilanpun terlihat meriah. Ada kelompok olahraga menampilkan sepakbola, basket, badminton, takraw, serta penampilan tari piring, qosidah, marawis, muhadhoroh, dan penampilan pramuka dan tapak suci. Sebagian kelompok dibagi menjadi kelompok perkonsulat, dibagi menurut daerah mana mereka berasal. Jakarta, Tangerang, Depok, Bogor sangat mendominasi. Sebagian kelompok kecil lain hanya berisi beberapa gelintir santri seperti Bandung, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera dan Kalimantan. Mereka akan berbaris dihadapan para pengasuh Darunnajah dan tamu undangan yang hadir.

Kelompok lainnya dibagi menurut keterampilan yang mereka miliki serta kegiatan yang mereka ikuti. Pramuka berlari dengan yel-yel khas mereka. Kelompok Tapak Suci berlatih menampilkan keahlian beladiri mereka. Marawis, Rebana, Tarian dan para Gitaris berlatih menampilkan kebolehan mereka bermusik. Tak mau kalah, bagian olahraga berlatih untuk bisa menampilkan keahlian motorik terbaik mereka.

Suasana khas ini menjadikan lingkungan pondok yang biasanya sunyi menjadi sangat semarak.