Menu

Apa Saja Manfaat Bunga Matahari ? Yuk baca..!!!

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
Bunga matahari

Bunga ? ya bunga siapa yang tidak tahu bunga tumbuhan yang sangat indah dipandang dan sangat bermanfaat dari mulai dekorasi dan pewangi ruangan, tapi lain dengan bunga yang satu ini Namanya bunga matahari yang memiliki nama latin helianthus annus, awalnya di temukan di amerika utara. Dengan warna kuning cerah dan bentuknya menyerupai matahari, bunga matahari banyak manfat dan khasiatnya dari biji hingga minyaknya. Kira kira apa saja manfaat dari bunga matahari yang bias kita gunakan?

Berikut manfaat dari bunga matahari :

  1. Manfaat biji bunga matahari
Kuaci atau biji bunga matahari

Biji bunga matahari dapat kita konsumsi yang biasa di sebut dengan kuaci, ,mengandung sumber nutrisi baik yaitu vitamin E. Vitamin E adalah antioksida yang kuat yang banyak di temukan di makanan kacang kacangan dan biji bijian, dimana kuaci adalah salah satunya, fungsi antioksida yang banyak di ketahui adalah untuk melawan kerusakan radikal bebas dalam tubuh.

a. Membantu memerangi osteoporosis dan kram otot

Perbandingan tulang yang sehat dan osteoporosis

Kandungan magnesium yang terkandung pada kuaci dapat menyeimbangkan kadar kalsium dan kalium tubuh. Kandungan magnesium yang tinggi berguna untuk mencegah osteoporosis tulang dan membantu mengurangi penyakit sakit kepala kronis.

b. Menbantu menjaga kesehatan kulit

Contoh kulit yang sehat

Penelitian telah banyak menunjukkan kalau antioksidan vitamin E sangat berguna untuk menjaga kulit agar tetep lembut dan sehat. Selain itu, kandungan lipid asam lemak esensial dari kuaci juga menjaga kulit tetap terhidrasi serta terbebas dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi.

 

  1. Manfaat minyak bunga matahari
Minyak bunga matahari

Sebuah pedoman diet dari amerika menyatakan bahwa kalua sumber lemak yang ada di dalam minyak bunga matahari dapat bermafaat untuk menurunkan resiko penyakit jantung dan menjaga berat badan agar seimbang, karena pada dasarnya minyak bunga matahari memiliki kandungan lemak yang tak jenuh dan merupakan asupan padat nutrisi

 

Minyak bunga matahari juga biasanya di dapat dari ekstrak biji bunga matahari. Minyak ini biasanya digunakan sebagai obat sembelit dan bahan masakan tertentu. Berikut ini 2 manfaat dari minyak bunga matahari :

a. Anti inflamasi/jerawat

Jerawat pada bagian wajah

Jerawat terjadi ketika ada minyak dalam folikel dibawah kulit dan terinfeksi oleh bakteri. Vitamin A, B, C, D, E, dan asam lemak esensial yang terdapat dalam minyak biji bunga matahari akan memberi lapisan pelindung, yang mencegah kulit terhubung dengan bakteri. Karena itu minyak biji bunga matahari juga bekerja sebagai obat yang efektif terhadap jerawat, dan pengguna minyak ini bisa di oleskan secara langsung ke kulit.

 

b. Kaya akan omega 6

Omega 6

Setiap 1 sendok minyak biji bunga matahari mengandung 8,9 gram asam lionet, yang merupakan 6 asam lemak tak jenuh ganda (omega 6). Menurut jenis ini merupakan bagian penting dari diet yang sehat. Untuk mendapatkan manfaat omega 6 kita membutuhkan 11-14 gram omega 6 sehari.

Penulis : Irsyad

 

 

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Santri Darunnajah Ikuti Study Tour ke Istanbul Turkey

Pesantren Darunnajah mengikuti program Social and Cultural Visit Turkey 2020, mulai dari tanggal 24 Februari – 3 Maret 2020. Adapun yang mengikuti program ini berjumlah