Tim Angklung Pondok Pesantren Darunnajah

Tim Angklung Pondok Pesantren Darunnajah

JAKARTA/dn.com – Setelah tampil pada Pelantikan Pengurus OSDN 2012-2013, Angklung mulai menjadi pembicaraan para santri serta para asatidzah dan ustadzat, penampilan tersebut membuat kagum semuanya yang menyaksikan di GOR Darunnajah. Bukan penampilan yang pertama, Tim Angklung Santriwan Pondok Pesantren Darunnajah ini sudah tampil pertama kali pada Panggung Gembira DART (Darunnajah Art Tournament) tahun 2011, dan penampilan kedua ini sukses menghibur semua santri dan guru yang hadir pada Pelantikan OSDN.

Pahril Rachman, sang pelatih yang juga merupakan Alumni Pondok Pesantren Darunnajah tahun 2009, menghadirkan kesenian sunda tersebut ke almameternya, karena menurut ia angklung merupakan salah satu alat tradisional yang mencerminkan kedisiplinan dan kekompakan para pemainnya. Tim Angklung terdiri dari campuran kelas, yakni kelas 2, 3 dan 4 TMI, setingkat dengan kelas 2 dan 3 Madrasah Tsanawiyyah, dan kelas 1 Madrasah Aliyah, selain itu juga ada alat musik tambahan sebagai pengiring angklung, antara lain gitar, bas, dan drum. Dengan hadirnya angklung, membuktikan bahwasanya bukan hanya marawis, qasidah dan hadrah saja yang bisa dimainkan oleh para santri, melainkan alat-alat musik tradisional juga bisa dimainkan oleh para santri.

Angklung yang juga terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO (United Nation Educational, Scientific, and Cultural Organization) sejak November 2010. Dengan hadirnya angklung di Pondok Pesantren Darunnajah, menjadikan para santrinya terus melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia, serta memberi warna baru bagi dunia seni di Pondok Pesantren Darunnajah.

Dalam penampilan ketiganya di Aula 4 Windu Pondok Pesantren Darunnajah pada kunjungan Tariq Snare, Drummer asal Amerika Serikat, Selasa (14/2), Tim Angklung menampilkan 2 lagu, yakni Bengawan Solo dan Mission Impossible yang langsung berkolaborasi dengan Tariq Snare, setelah penampilan selesai, tim angklung disambut dengan tepuk tangan yang meriah para guru dan santri yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Berikut ini para santri yang tampil di penampilan ketiga Tim Angklung pada kunjungan Tariq Snare, Drummer asal Amerika Serikat; mereka adalah: Faisal Farhan, M. Farhan Huzairi, Rusydan Annas, Zaim Islach, Ibnu Aji Pratama, M. Fikri Haikal, Galih Intando F., M. Wiranto, Kenny Meigar, M. Rizki Rusydin, Maulana Ichsan, Maulana Ihza, Haikal Firdaus (seluruhnya santriwan kelas 2 TMI), A. Syauqi, Nur Rahmat Firdaus, M. Rizki Harun, Ario Wira, Dian Arifin, Falah Rizki, Nur Salam, Naif Amir, Iqbal, Rayhan Shafwan (dari santriwan kelas 3 TMI), serta Fahry Athaya dan Hafidzudin Andasya (dari kelas 4 TMI), serta pemusik drum, gitar dan bas, mereka adalah, Doni Islamindo (kelas 3 TMI), Syauqi Muhammad (kelas 5 TMI), Iqbal Al-Ayyubi, Fafa Zanuar Herdiman dan Sony Prayogi (kelas 6 TMI).