Amalan yang Mulia di Bulan Muharram serta Keutamaanya

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Diantara nikmat Allah Ta’ala yang diberikan atas hamba-hamba-Nya adalah perguliran musim-musim kebaikan yang datang silih berganti, mengikuti gerak perputaran hari dan bulan. Agar Allah mencukupkan ganjaran atas amal-amal mereka serta menambahkan limpahan karuniaNya.

Setelah bulan dzulhijjah akan datang bulan yang mulia, yang merupakan bulan pembuka dalam kalender hijriah. Didalamnya terdapat banyak keberkahan dan keutamaan yakni bulan Muharram.

Di dalam bulan Muharram terdapat amal yang sangat disunnahkan untuk dikerjakan umat islam yaitu berpuasa sunnah. Berpuasa di bulan yang mulia ini akan banyak ganjaran yang diberikan oleh Allah.

Puasa ini terdapat di tanggal 9 dan 10 Muharram. Puasa ini disebut dengan puasa tasu’a dan puasa Asyura. Tasu’a diambil dari kata taasi’ yang berarti sembilan muharram dan Asyura diambil dari kata ‘Aasyir yang berarti sepuluh muharram.

Salah satu keutamaan apabila kita melaksanakan puasa Asyura yakni Allah akan menghapus dosa kita selama satu tahun. sebagaimana yang terdapat didalam hadits:

قَالَ رَسُوْلُ اللّهِ صَلَّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: صِيَامُ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ إِنِّي أَحْتَسِبُ عَلَى اللّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهَا

Rasulullah SAW bersabda: “Puasa hari ‘Asyura, aku berharap Allah akan menghapuskan dosa selama setahun”

Dari Abdullah bin Abbas, berkata: Rasulullah berpuasa pada hari Asyura dan menganjurkan umat islam untuk berpuasa.

Suatu ketika, mereka berkata: ” Ya Rasulullah, ini hari yang dimuliakan oleh orang Yahudi dan Nasrani”. Mendengar jawaban tersebut, Nabi berkata: “Jika aku masih hidup hingga tahun depan, insya Allah kita akan berpuasa pada hari kesembilan juga.”

Diriwayatkan dalam sebuah hadits Imam Muslim dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: “Shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam, dan puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa di bulan Muharram.”

Dengan demikian kita sebagai umat islam yang dirahmati Allah, hendaknya menjalankan amalan-amalan sunnah untuk menyempurnakan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

(dn.com/danisha)

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
TK Darunnajah Jakarta

Pentingnya Ilmu

Ilmu adalah cahaya yang menyinari disaat gelap menerpa. begitu pentingnya ilmu sampai ungkapan sahabat yang mengatakan ” JIka kamu menginginkan kebahagian dunia tuntulah ilmu, jika