Akhlak Mulia Jadikan Insan Yang Mulia
Menu

Akhlak Mulia Jadikan Insan Yang Mulia

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Akhlak adalah tingkah laku seseorang yang didorong dengan keinginan terhadap sesuatu. karena akhlak merupakan hal yang paling utama melihat baik buruknya seseorang terhadap apa yang ia lakukan, oleh karena itu apabila seseorang ingin baik atau mulia terhadap penilaian orang lain maka akhlak orang itupun harus mulia seperti apa yang orang lain inginkan.

contoh paling baik adalah mencontoh dari akhlak nabi Muhammad S.A.W yang telah mencontohkan kepada umatnya tentang bagaimana berprilaku terhadap sesama, orang yang lemah, orang yang lebih tua dan bahkan sampai kepada aktifitas sehari-hari beliau selalu mencontohkan akhlak tersebut kepada kita semua, namun pada zaman kita sekarang perlu membaca riwayat Rasullah S.A.W agar kita mengetahui akhlak atau tangkah laku yang beliau lakukan seperti apa.

keutamaan akhlak mulia seseorang dapat dilihat dari tingkah laku baiknya yang dilakukan berulang-ulang tidak cukup hanya sekali atau sewaktu-waktu untuk melakukan hal baik tersebut. Seseorang dapat dikatakan memiliki akhlak yang mulia apabila tingkah lakunya timbul dari dorongan motivasi dalam dirinya dan tidak banyak pemikiran apalagi pertimbangan melakukan kebaikan tersebut secara berulang-ulang sehingga terkesan sebagai keterpaksaan dalam pengerjaanya, apabila melakukan kebaikan secara terpaksa bukan dari dalam dirinya maka orang tersebut tidak termasuk orang yang memiliki akhlak yang mulia.

Jadi apalagi yang ditunggu untuk jadi insan(orang) mulia mari kita bersama-sama menjadi insan mulia dengan mencontoh akhlak Rasulallah S.A.W sebagaimana Allah S.W.T berfirman :

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah.

                                                                                                              وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ

 

Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung.

oke mulai sekarang kita mulai mencontoh akhlak rasulullah S.A.W karena kalo gak sekarang kapan lagi kalo bukan kita siapa lagi.

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Idul Adha Di Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14

Pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 H, Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 melaksanakan kurban dengan menyembelih sebanyak 2 ekor sapi dan 28 ekor

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Adanya Pandemi Covid-19 mengharuskan para anak-anak harus mengikuti pembelajaran jarak jauh, dengan begitu dukungan orang tua atau wali murid menjadi sangat penting bagi keberlanjutan pendidik