6 Langkah Menjadi Insan Yang Lebih Baik

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Muslim yang baik ialah yang bisa mencegah muslim lainnya untuk berbuat Mungkar lewat tangan dan lisannya. Sudahkah kita menjadi pribada yang seperti ini? Wallahu’alam. Hanya Allah yang tahu

Dalam artikel ini penulis ingin berbagi mengenai 6 langkah yang bisa kita usahakan untuk bisa menjadi insan yang lebih baik lagi langkah pertama ialah :

  1. Mencari Ilmu

Dengan mencari ilmu kita bisa mengetahui mana yang salah dan mana yang benar. Sehingga, hidup kita akan lebih terarah. Dalam sebuah pepatah juga dikatakan “sebesar keinsyafan, sebesar itu pula keberhasilan”.  Juga salah satu syarat sah diterimanya suatu ibadah ialah mengetahui dasar-dasar keilmuannya

  1. Perhatikan teman bergaul

Dalam pembentukan karakter dan cara gaya hidup pergaulan teman sangat berpengaruh. Jika kita berteman dangan tukang minyak wangi, nanti kita akan terciprat juga bau minyak wanginya. Maka, jika ingin lebih baik lagi bergaulah dengan teman-teman yang dapat mengingatkan pada kebaikan dan kesabaran

  1. Niat dan tekad yang harus kuat.

Sesungguhnya suatu amal tergantung pada niatnya. Jika kita bernar-benar ingin menjadi orang yang lebih baik, maka harus memiliki niat dan tekad yang benar-benar kuat untuk berubah. Tidak perlu mendengar kata-kata yang membuat pengaruh jelek. Lurus saja kalau semua rintangan menuju pada tujuan awal.

  1. Belajar dari pengalaman orang-orang

Share, berdiskusi bersama orang yang memiliki banyak pengalaman akan menambah banyak inspirasi dan ide-ide baru. Karena “experience is the best teacher”

  1. Jangan pernah putus asa untuk berdo’a

Manusia hanya bisa berusaha, karena yang maha berkehendak ialah hanya Allah SWT. Jangan pernah lelah untuk berdoa meminta untuk dimudahkah jalan dan kekuatan tekad untuk hijrah ke jalan yang lebih baik lagi. Karena doa adalah senjata bagi umat muslim.

  1. Sering upgrade tenaga iman

Jangan cuman spesifikasi computer saja yang ingin diupgrade, iman kita juga harus sering diupgrade agar ketaqwaan kita kepada Allah SWT semakin teguh layaknya komputer yang diupgrade maka komputer tersebut menjadi lebih mantap kinerjanya, cara mengupgrade iman adalah dengan mengikuti banyak pengajian dan kegiatan islami lainnya yang dapat membuat iman kita semakin kuat .

Sebagai Manusia kita tentu hanya bisa berikhtiar,semua kehendak hanya sang pencipta yang mengatur. Berhijrah, dan terus membenahi diri menjadi pribadi yang lebih baik, karena surga  adalah jaminan yang telah Allah tetapkan, untuk  hamba-hamba-Nya yang bertaqwa.

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
TK Darunnajah Jakarta

Pentingnya Ilmu

Ilmu adalah cahaya yang menyinari disaat gelap menerpa. begitu pentingnya ilmu sampai ungkapan sahabat yang mengatakan ” JIka kamu menginginkan kebahagian dunia tuntulah ilmu, jika