Alumni Darunnajah Jadi Best Speaker Debat Nasional MK RI

blank

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

 

Salah-satu perlombaan bergensi Tingkat Perguruan Tinggi adalah Debat Konstitusi antar perguruan tinggi se-Indonesia. perlombaan ini diselenggarakan oleh Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia yang terdiri atas 3 tahapan, Masing masing kampus berhak mendelegasikan satu tim yang terdiri dari 3 mahasiswa/i.

Pertama tahap Eliminasi, pada tahap ini seleksi karya tulis ilmiah tentang presidential threshold pada pemilu serentak 2019. Dari informasi yang disampaikan sekjen MK ada lebih dari seratus kampus yang mengirimkan berkas seleksi dan hanya 72 kampus yang terpilih untuk berlaga ditahap kedua

Pada tahap kedua, 72 kampus terpilih disebar di tiga regional, yakni regional barat, regional timur dan regional tengah. Regional barat diselenggarakan di Batam dengan pemenang; Juara 1 Universitas Indonesia, Juara 2 Universitas Andalas dan Juara 3 Universitas Syahkuala Aceh. Regional Tengah diselenggarakan di Banjarmasin dengan pemenang; Juara 1 UIN Syarif Hidayatullah, Juara 2 UMY dan Juara 3 UGM. Untuk regional Timur diselenggarakan di Mataram dengan pemenang; Juara 1 UMM, Juara 2 UNG dan Juara 3 Universitas Hasanudin. Di masing masing regional terdapat 24 kampus, 8 kampus dengan penilaian besar di masing masing regional berhak untuk maju ke tahap Nasional (Tahap ketiga).

Bersama Para Finalis Nasional
Bersama Para Finalis Nasional

Pada Tahap ketiga ini bertemu 24 kampus dari hasil penyaringan 8 besar di regional. Hamalatul Qur’ani bersama dua rekannya berhasil mengharumkan nama UIN Syarif Hidayatullah dengan mengalahkan Universitas Diponegoro pada babak semifinal dengan skor 5-2 dan pada Final memenangkan Andalas dengan skor 9-0.

hamaltul qur'ani 3

Tidak hanya itu, Hamalatul Qur’ani yang notabene alumni Pesantren Darunnajah ( Tingkat SLTP di Darunnajah 2 Cipining Bogor dan Tingkat SLTA di Darunnajah 1 Jakarta) juga terpilih menjadi Best Speaker. Meskipun ia sendiri tidak pernah menyangka sama-sekali.mengingat lawan- lawannya tergolong kelas berat.

Berikut adalah profile Mahasiswi Berprestasi:

Nama; Hamalatul Qur’ani
Tempat Tanggal Lahir; Solok, 17 April 1995
Alamat; Jl. KH Ahmad Dahlan No. 122 PPA kota Solok, Sumatera Barat
Moto Hidup; Hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha, dan do’a adalah bagian terpenting dari usaha

Prestasi – Prestasi :
Juara 1 Lomba Debat Keterbukaan Informasi Publik, Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia

Juara 2, Debat Hukum Nasiona Airlangga Law Competition, Surabaya

Juara 1 Lomba Debat Konstitusi tingkat Regional Tengah Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, Banjarmasin

Juara 1 Lomba Debat Konstitusi tingkat Nasional Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, Cisarua Bogor Best Speaker, Debat Konstitusi antar perguruan tinggi se-indonesia Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia

hamalatulqur'ani

Kepada reporter WARDAN Hamalatul Qur’ani menitip pesan untuk kawan-kawan santri : “Semoga bisa menginspirasi para santri ustadz untuk bisa lebih baik lagi dari ana nantinya… Amiin!”. (WARDAN/Mr. MiM).

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Detik-detik melepas K.H. Saifuddin Arief

KH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief Memotivasi Santri Untuk BerprestasiDokumentasi Pemakaman K.H. Saifuddin Arief, S.H., M.HKalimat Takziah K.H. Nasir