Aktivitas Santri disaat Pondok Sepi

blank

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

blankSantri kelas I, II, Intensif, dan sebagian kelas V mendapatkan jatah pulang bulanan ke rumah mereka untuk bersilaturrahmi dengan orangtua dan keluarga, terutama mereka yang berdomisili di daerah Jabodetabek, adapun mereka yang berasal dari luar Jabodetabek, maupun luar pulau Jawa, mereka pulang ke rumah saudara mereka, seperti paman dan bibi, ataupun ada juga yang pulang ke rumah teman dengan izin dari orangtua mereka.

Pondok pun terlihat sepi, Masjid Jami’ Darunnajah yang selalu ramai akan santri, serta penuh di setiap shalat lima waktu berjama’ah menjadi sepi, hanya sekitar 4 shaff untuk putra. Santri kelas III yang sedang mengikuti Ujian Pondok tidak diizinkan untuk pulang ke rumah, begitupun santri kelas IV yang baru saja datang ke Pondok hari Jum’at lalu, setelah mereka pulang liburan Cadika, serta santri kelas V, yang perpulangannya digilir dibagi menjadi 2 bagian, sebagian mendapatkan jatah pulang, sebagian lainnya bertugas untuk menjaga pondok.

Apalagi santri kelas VI, yang sepekan lagi akan diwisuda, mereka pun harus sabar menanti hari demi hari, menunggu hari Haflatut Takharruj yang akan diselenggarakan pada hari Ahad, tanggal 15 Mei 2011. Disaat sepi, aktivitas pondok pun tetap tidak akan pernah mati. Hari Kamis (5/5) Sebagian Santri kelas III berolahraga di sore harinya, begitupun santriwati kelas VI yang mengadakan kegiatan Khatmil Qu’ran di Aula 4 Windu pada sore hari pula. Seluruh santri kelas VI berkumpul di Baitul Arqom, Rumah Kediaman Pendiri sekaligus Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah, Drs. KH. Mahrus Amin, untuk mendengarkan motivasi serta pesan dari beliau sebelum menjadi alumni Pondok Pesantren Darunnajah setelah shalat isya’ sampai dengan pukul 21.00 WIB.

Sedang pada hari Jum’atnya (6/5), Santriwan dan santriwati kelas VI Jurusan Keagamaan mengikuti Ujian Lisan Tahfidz Al-Qur’an dengan materi hafalan Juz II, dengan Pengajar Ust. H. Taufiqurrahman, MA. Serta santriwati kelas III, mengadakan kegiatan lari pagi bersama keluar pondok bersama para musyrifah. Santriwan kelas III pun tidak mau ketinggalan, sebagian dari mereka berolahraga, ada yang bermain futsal ada pula yang bermain basket. Pondok yang sepi pun terlihat seperti biasa, seperti tidak ada perpulangan jika dilihat denyut nadi aktivitas kegiatan santri yang berjalan seperti biasanya. Indahnya Kehidupan Pondok!

(Imam Khairul Annas)

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
TK Darunnajah Jakarta

Pentingnya Ilmu

Ilmu adalah cahaya yang menyinari disaat gelap menerpa. begitu pentingnya ilmu sampai ungkapan sahabat yang mengatakan ” JIka kamu menginginkan kebahagian dunia tuntulah ilmu, jika