Darunnajah.com, Santri Pondok Pesantren Darunnajah Cipining sedang melakukan Ujian Mid Semester, kegiatan tersebut akan berlangsung selama dua pekan terhitung dari Sabtu, 23 Septermber – Kamis, 5 Oktober mendatang, disaat musim ujian seperti ini beberapa kegiatan wajib santri di liburkan atau diganti menjadi kegiatan yang mendukung kesuksesan santri dalam melakukan ujian, Namun ada lima kegiatan wajib yang tetap berjalan meski pada masa ujian.

Pondok Pesantren Darunnajah Cipining dikenal dengan berbagai kegiatannya yang barfariasai, membentang dari kegiatan akademik di Sekolah hingga ektrakulikuler yang dijalankan sesuai dengan kebutuhan. Dan itu semua berjalan sesuai jadwal yang ada, namun ada beberapa kegiatan yang akan diliburkan bila tiba waktunya ujian Sekolah.

Beberapa kegiatan yang tidak akan dijumpai saat ujian adalah 1. Silat, meski dilaksanakan di hari libur Sekolah (Jum’at) kegiatan wajib untuk santri putra tersebut tidak dijalankan ketika masa ujian. 2. Pramuka, Pramuka adalah kegitan wajib yang harus diikuiti oleh seluruh santri Darunnajah cipining, kegiatan ini biasanya dilakukan pada hari Rabu siang. 3. Muhadloroh, kegiatan untuk mengasah ketrampilan berbicara didepan umum ini juga tidak dijumpai saat ujian. 4. Safdak Mingguan, Safdak atau Safari Dakwah adalah kegiatan yang rutin  dibawah bendera kerjasama Biro Pendidikan dan Biro Humaas (Hubungan masyarakat) yang dilakukan santri Darunnajah Cipining untuk belajar bermasyarakat setiap hari Kamis-Jum’at juga sementara off.

Namun ada lima kegiatan wajib yang tetap berjalan meski dimasa ujian:

  1. Taklim dimasjid, kegiatan ini dilakukan oleh santri kelas 5 dan 6 TMI setelah jamaah shalat Magrib dan Isya’, tapi disaat ujian seperti ini ditambah setelah Jamaah shalat Dzhuhur. Selain dari kaka Pengurus Taklim juga disampaikan oleh Dewan guru yaitu ba’da shalat Ashar dan ba’da shalat Subuh.
  2. Ngilmi atau Taujihat dari Pimpinan Pesantren ba’da jamaah shalat Subuh dihari Jum’at, menjadi santri Darunnajah Cipining sangat beruntung, setidaknya satu pekan sekali mereka bisa bertatap muka dengan Pimpinan Pesantren dan mendapatkan cucuran ilmu yang beliau miliki, kegiatan ini selalu berjalan meski dimasa masa ujian.
  3. Tilawah Al Qur’an, tilawah Al Qur’an sudah menjadi kegiatan rutin santri Darunnajah Cipining terlebih bagi santri beasiswa tahfidz, pagi siang sore malam mereka mempunyai kesempatan untuk tilawah sebanyak banyaknya, namun disaat ujian seperti sekarang ada waktu khusus untuk mereka tilawah bersama yang dilakukan setelah jamaah shalat dan sebelum belajar.
  4. Puasa, ada hal unik ketika membicarakan tentang puasa, bila diartikan sekilas puasa menjadikan orang lemah, lelah, letih lesu dan lunglai. Namun kenapa santri Darunnajah Cipining malah berpuasa ketika masa ujian? Karena anggapan bila orang yang puasa akan lemas adalah salah, puasa pada hakekatnya menjadikan badan sehat dan kuat serta pikiran jernih. Terlebih lagi puasa sunnah adalah program di Darunnajah Cipining, puasa apapun tetap berjalan meski ketika masa ujian.
  5. Belajar, Ya. Sudah barang tentu kegiatan belajar di Pesantren Darunnajah Cipining tidak akan pernah berhenti, selama ada santri di Darunnajah Cipining maka kegiatan belajar tetap berjalan, terlebih ketika masa ujian maka waktu belajar di padatkan dan diatur sedemikian mungkin untuk mendukung suksesnya santri dalam melaksanakan ujian.

Itulah lima kegiatan wajib yang tetap berjalan di Pesantren Darunnajah Cipining disaat ujian berlangsung.

Kegiatan Belajar Malam Santri Darunnajah 2 Cipining

Kegiatan Belajar Malam Santri Darunnajah 2 Cipining

Kabar bahagia mulai Ahad, 1 Oktober 2017, telah dibuka Pendaftaran Murid Baru Tahun Ajaran 2018-2019 Pesantren Darunnajah 2 Cipining. Pendaftaran bisa via Online dengan mengunjungi alamat berikut: santri.darunnajah.com atau langsung menuju lokasi Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor Jawa Barat.

Info lebih lanjut silakan hubungi nomor berikut:

0858 8513 8589          Ustadz Nur Fathoni

0856 9284 4588          Ust Khuseini

(red/A.A)