Menu

Menuntut ilmu dan Kemuliannya

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

img-20151223-wa0004.jpg

طلب العلم فريضة على كل مسلم
“Menuntut ilmu wajib atas tiap muslim (baik muslimin maupun muslimah. (HR. Ibnu Majah)”
Mencari ilmu adalah kewajiban bagi umat muslim baik laki – laki ataupun perempuan, karena pada dasarnya manusia dilahirkan kemuka bumi ini tampa memiliki ilmu sedikitpun.
Mungkin kita akan bertanya ilmu apa yang wajib bagi seorang muslim untuk dicari ? apakah kita harus mempelajari semua ilmu ? tentu tidak semua ilmu harus kita pelajari, yang harus dipelajari oleh seorang mukmin adalah ilmu yang berhubungan dengan apa yang sedang dikerjakan olehnya.

لَوْلاَ العِلْمُ لَكَانَ النَّاسُ كَالبَهَائِمِ
“Seandainya tiada berilmu niscaya manusia itu seperti binatang”
Kemulian ilmu itu adalah ilmu itu yang membedakan manusia dengan hewan. Kita ingat bahwa Allah SWT memberikan keutamaan kepada Nabi Adam mengatasi para malaikat, dengan memerintahkan mereka sujud kepada-Nya, adalah karena Adam menguasai ilmu, sedang malaikat tidak.

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آَمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ
“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kalian dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat.” (QS. Al-Mujadilah: 11)

Ilmu itu mulia karena ia merupakan alat untuk bertaqwa, yang dengan itu orang akan memperoleh kemulian disisi Allah dan kebahagian abadi dalam kehidupan di akhirat kelak.

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait