6 Syarat Mutlak Dalam Menuntut Ilmu Dari Syaidina Ali Bin Abi Thalib RA
Menu

6 Syarat Mutlak Dalam Menuntut Ilmu Dari Syaidina Ali Bin Abi Thalib RA

6 Syarat mutlak menuntut ilmu

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Menuntut ilmu adalah suatu kewajiban bagi manusia, tampa ilmu kita akan hina dan tidak akan beharga di dunia ini, maka dari pada itu menuntut ilmu diwajibkan bagi umat ini bahkan menuntut ilmu itu tidak ada batas waktunya dari kita lahir sampai kita meninggal nanti.

6 Syarat mutlak menuntut ilmu
6 Syarat mutlak menuntut ilmu

Ada 6 syarat mutlak dalam menuntut ilmu yang disampaikan oleh Saidina Ali Bin Abi Thalib RA seperti yang di cantumkan dalam syair berikut ini :

“Ingatlah !!! Engkau tidak akan mendapatkan ilmu kecuali dengan 6 syarat ; yaitu : Kecerdasan, Kemauan ( Rakus dengan ilmu ), Sabar, Biaya ( pengorbanan materi ), bergaul dengan guru, dan waktu yang panjang”

Dari syair diatas kita akan uraikan satu persatu untuk memudahkan dalam memahami apa yang dimaksud oleh Syaidina Ali Bin Abi Thalib RA tersebut;

trik dalam belajar santri pondok pesantren putri Al – Hasanah Darunnajah 9 Pamulang

Yang Pertama Dzakaaun ( Kecerdasan )

Yang Pertama Dzakaaun ( Kecerdasan ) kecerdasan ini bisa digolongkan menjadi dua bagian yaitu ; Pertama Kecerdasan yang diberi oleh Allah dengan berupa kemudahan dalam memahami pelajaran dan sangat mudah dalam menghafal apa yang diberikan oleh orang lain, dan dia mempunyai hafalan yang kuat, Kedua Kecerdasan yang di dapat dengan usaha yang keras dengan rajin belajar dan giat menghafal.

Yang kedua Hirsun ( Tamak akan ilmu )

Yang kedua Hirsun ( Tamak akan ilmu ) ketamakan dalam ilmu ini artinya ketidak puasan untuk terus belajar, semakin dia banyak belajar semakin dia merasa bodoh karena ingin banyak mengetahui banyak hal lagi, tidak bosan dalam mencari ilmu, bersungguh – sungguh ketika belajar, ini orang yang disebut dengan tamak terhadap ilmu.

Yang Ketiga Sabar

Yang Ketiga Sabar dalam menuntut ilmu dibutuhkan kesabaran, sabar dalam belajar, sabar dalam diuji, sabar dalam segala hal yang kita alami dalam proses menuntut ilmu, hidup ini adalah ujian pasti Allah akan uji kesungguhan kita dalam menuntut ilmu, jikalau kita lolos dalam menjalaninya maka kita akan dinaikan tingkat kita dari yang sebelumnya.

Yang keempat Biaya ( Pengorbanan Materi )

Yang keempat Biaya ( Pengorbanan Materi ) tidak ada orang yang bisa menuntut ilmu tampa adanya biaya, seperti yang para ulama – ulama terdahulu lakukan mereka memakai biaya yang banyak untuk melakukan perjalan yang jauh bahkan perpindah dari satu Negara ke Negara yang lain demi menemui guru – guru yang mereka kagumi untuk menuntut ilmu.

Yang Kelima Bergaul dengan guru

Yang Kelima Bergaul dengan guru, guru adalah sumber ilmu untuk kita pepatah mengatakan “jika kita bergaul dengan penjual minyak wangi maka kita akan tertular wanginya, jika kita bergaul dengan pandai besi maka kita akan tertular bau besinya” maka dari pada itu kita bergaul dengan guru maka kita akan mendapatkan ilmunya.

Vidio tentang kreatifitas guru dalam mengajar

Yang Enam waktu yang panjang

Yang Enam waktu yang panjang waktu menuntut ilmu itu harus lama, di Pondok Pesantren putri Al – Hasanah Darunnajah 9 Pamulang minsalnya, pondok pesantren yang merupakan pondok cabang dari Darunnajah ini menerpakan sistem pendidikan Tarbiyatul Mu’alimat Al Islamiyah ( TMI ) yang menganjurkan santrinya belajar selama 6 tahun.

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Maklumat Pimpinan Terkait Peraturan Terbaru Kedatangan Santri

Maklumat Pimpinan Pesantren Annur Darunnajah 8 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 dan Kedatangan SantriMaklumat Pimpinan Pesantren An-Nahl Darunnajah 5 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 Dan