Kursus Mahir Dasar (KMD) tahun ini bisa jadi merupakan KMD paling spektakuler sepanjang perjalanan Darunnajah 2 Cipining sejak 1988. Ya, karena KMD yang diselenggarakan pada 20-25 Oktober 2013 ini diikuti oleh 533 peserta santri.Dari seluruh peserta yang mengikuti kegiatan Darunnajah 1 juga mengutus Kader Nusantara berjumlah kurang lebih 30 orang.

Kader Nusantara ini adalah Mahasiswa utusan dari berbagai daerah di Indonesia, yang mana sebagian besar dari Indonesia bagian timur dan sebagian kecil dari Indramayu dan Jawa Timur. Harapan yang diimpikan oleh panitia dengan mengikutsertakan Kader Nusantara adalah supaya para kader bisa ikut serta memajukan pramuka di daerahnya kelak, terutama di Indonesia Timur.

Keistimewaan KMD tahun ini tidak hanya karena faktor banyaknya peserta saja, namun juga karena merupakan ‘KMD Berjama’ah’ yang melibatkan Darunnajah 1 Ulujami Jakarta, Darunnajah 2 Cipining Bogor Jawa Barat, Darunnajah 3 Al Manshur Serang Banten, Darunnajah 5 An Nahl Pandeglang Banten, Darunnajah 8 An Nur Cidokom Bogor Jawa Barat dan Darunnajah 14 Nurul Ilmi Serang Banten.

Untuk keberlangsungan dan kesuksesan KMD ini panitia gabungan Darunnajah 1 dan 2 yang dikomandani ustadz Imam Syaifurrahman, juga sudah melakukan beberapa kali musyawarah sebelum pelaksanaan. BRT yang dikepalai H. Mustajab Anwar, S.Pd.I juga terjun langsung menyiapkan sarana.

Adapun pelatih professional dalam KMD ini berjumlah 41 orang yang terdiri dari 1 penanggungjawab, 1 pengendali kurikulum, 1 pelaksana lapangan, 2 pelaksana administrasi, 10 pimpinan kursus, 17 pelatih dan 9 asisten pelatih (lihat daftar di bawah), termasuk Kak Syaiful Hadi Scada, S.Pd.I, M.T yang notabene juga selaku kak Mabikori Gudep Pramuka Darunnajah 2 Cipining Bogor.

Aneka materi KMD terdiri dari Seluk-Beluk Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak, LKBB Resmi, LKBB Isyarat, pioneering, semaphore, sandi-sandi dan wide game. Meskipun dalam musim hujan, namun semangat para peserta KMD yang terbagi dalam 24 tenda putra dan 25 tenda putri, pelatih serta panitia pelaksana tampak full spirit.

KMD-Cadika-Pesantren-Darunnajah-Jakarta
Pada acara Api Unggun atau Panggung Gembira KMD yang diaksanakan pada 25 Oktiber 2013 ditampilkan beberapa kreasi dan ketrampilan santri, antara lain; Darunnajah 1 putra menampilkan vocal acoustic, Darunnajah 1 putri menampilkan Tari Semaphore dan Vocal acoustic, Darunnajah 2 Putra menampilkan Persatuan Senam Darunnajah (Persada), Jabbawokez dan Pasukan Khusus, adapun Darunnajah 2 Putri unjuk kebolehan Tari Saman dan Tari Cebol Sarung. Tidak ketinggalan panitia Darunnajah 1 Putra yang menghibur para peserta dengan Tari Caesar ala mereka.

Panitia dan pelatih KMD juga mengadakan penilaian kedisiplinan dan keaktifan para peserta sepanjang kegiatan. Terpiih sebagai The Best Member adalah Hilyatul Diniyah dan Dayang Pravita Simon. Adapun tenda terapih diperoleh oleh tenda pimpinan Dinda Rahmatika.

KMD massal perdana ini tentu saja mengesankan banyak fihak, salah-satunya adalah Riqqoh Ambarani santri kelas 5 TMI/XI MA, peserta KMD asal Darunnajah 2 Cipining. “ Menyenangkan karena dapat bersosialisasi dengan peserta lainnya dari berbagai pondok pesantren. Semoga KMD berikutnya akan lebih baik lagi!” demikian kesan dan pesan saudari kembar Rofiqoh Ambarani yang juga kelas 5 TMI dan ikut KMD bersama ini.

DAFTAR PELATIH
KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT DASAR
DI PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH 2 CIPINING
KWARCAB KABUPATEN BOGOR
20 – 25 OKTOBER 2013

NO NAMA JABATAN
1 SUNANDAR-MT PENANGGUNGJAWAB
2 EDI MULYADI, S.Pd., MM-MG PENGENDALI KURIKULUM
3 KOSIM SURYANA-MG PELAKSANA LAPANGAN
4 TAUFIK RAHMAN-MT PELAKSANA ADMINISTRASI
5 DIAN SUKMAWAN S., S.Pd-MT PELAKSANA ADMINISTRASI
6 SYAMSIAH, S.Pd., MM-MG PIMPINAN KURSUS
7 NANA, S.Pd., M.Si- MG PIMPINAN KURSUS
8 RITA SURYA PUSPITA SARI, S.Sos-MG PIMPINAN KURSUS
9 EDI MULYADI, S.Pd., MM-MG PIMPINAN KURSUS
10 SUGIHARTO, S.Pd.I-MG PIMPINAN KURSUS
11 ASEP AHADIAT, S.Pd-MG PIMPINAN KURSUS
12 DESSY MARYATI, S.Pd., MM-MS PIMPINAN KURSUS
13 Hj. AMALIAH-MG PIMPINAN KURSUS
14 EKO SUMARSONO-MG PIMPINAN KURSUS
15 GINANJAR ASEGAF-MG PIMPINAN KURSUS
16 HASBULLAH, S.Sos.,-MG PELATIH
17 RIDWAN MUSTAQIM, S.Pd-MG PELATIH
18 NONA SUMARNO-MG PELATIH
19 H. AR BRASJAH-MT PELATIH
20 WARDJIJANTO-MT PELATIH
21 TOMI YULIAWAN S., S.E-MT PELATIH
22 DIAN SUKMAWAN S, S.Pd-MT PELATIH
23 KHOLILI ABDULLAH, S.Pd-MS PELATIH
24 LEO JOSKA GELLU, S.Pd-MG PELATIH
25 EDI MESUWADI, S.IP., MM-MS PELATIH
26 ENUNG SULAEMAN-MS PELATIH
27 ONENG KUSMAHATI, S.Pd-MS PELATIH
28 ENOK JAMILAH, S.Pd., MM-MS PELATIH
29 EMOD-MT PELATIH
30 WASLIM, S.Pd-MG PELATIH
31 SYAIFUL HADI SCADA, S.Pd.I-MT PELATIH
32 DULHADI-MG PELATIH
33 ONDENG SOFYANUDIN, S.Pd-MS ASISTEN PELATIH
34 HASTONO-MT ASISTEN PELATIH
35 WAHYU HIDAYAT-MG ASISTEN PELATIH
36 MUHAMMAD LUTHFI KADAFI-MG ASISTEN PELATIH
37 EDIE DARMADI-MT ASISTEN PELATIH
38 SITI JUBAEDAH-MT ASISTEN PELATIH
39 LINDAWATI, S.Pd-MG ASISTEN PELATIH
40 EKA ARISANTI-MG ASISTEN PELATIH
41 ASEP KOSWAR ASISTEN PELATIH

KETERANGAN:
MS = MASTER SIAGA
MG = MASTER PENGGALANG
MT = MASTER PENEGAK

(wardan/abu ezzat el wazira).