Menu

4 Hal Yang Akan Mendatangkan Kebencian. Apakah Kamu Termasuk ?

4 Hal Yang Akan Mendatangkan Kebencian

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Kebencian berasal dari kata benci, ada dua arti benci yaitu orang yang di benci dan orang yang membenci.

Benci secara umum adalah suatu hal yang tidak kita sukai, bahkan kita enggan untuk menyukainya. Ada berbagai macam benci, seperti benci terhadap orang,  benci terhadap sesuatu yang tidak disukai.

Lalu apa penyebab orang yang di benci ?

Ada 4 yang akan mendatangkan orang tersebut di benci, diantaranya :

Kesombongan, kedengkian, kedustaan, dan mengadu domba.

Ibnul Qayyim Rahimallah berkata :

واربعة تجلب البغضاء والمقت :

الكبر , والحسد , والكذب , والنميمة

“ Empat hal yang akan mendatangkan kebencian :

Kesombongan, kedengkian, kedustaan, dan mengadu domba.”

(Zaadu Maad 4/378)

Mengapa dengan kesombongan dapat menyebabkan seseorang menjadi dibenci ?

Ya, karena sombong adalah salah satu sifat yang sangat tidak terpuji, sifat yang merasa dirinya lebih, selalu merasa bahwa hanya dirinya yang paling teratas dan tidak ada menandingi, sebab itulah banyak dibenci oleh orang.

Kedengkian adalah menaruh perasaan marah (benci, tidak suka) karena iri yang amat sangat kepada keberuntungan orang lain. … Cemburu artinya kurang percaya, curiga (karena iri hati). Atau merasa kurang senang melihat orang lain beruntung , yang menyebabkan dirinya dibenci oleh orang-orang.

Kedustaan adalah dusta, bohong, selalu bohong dalam setiap ucapannya, yang membuat orang lain tidak suka dan tidak mempercayainya kembali, sebab perkataan dustanya tersebut.

Mengadu domba adalah menceritakan pembicaraan orang kesatu ke orang ketiga. Artinya, orang kedua yang mengadu domba, orang kedua menceritakan semua pembicaraan orang ke satu ke orang ketiga dengan berlebihan sampai membuat orang ketiga dan orang kesatu berkelahi, atau bisa disebut orang kedua memfitnah diantara dua orang tersebut. Dalam hal ini, itulah penyebab mengapa mengadu domba itu banyak di benci oleh orang lain.(DN4.SipaNP)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor

Pesantren Adalah Lembaga Pengkaderan Pemimpin

Seorang Guru Pasti Seorang Pemimpin, Seorang Pemimpin Belum Tentu Seorang Guru. Mengingat betapa signifikan dan menentukan posisi dan fungsi seorang guru dalam sebuah proses Pendidikan