Mashaallah, Inilah 3 Kunci Sukses Dunia Dan Akhirat
Menu

3 Kunci Sukses Dunia Dan Akhirat

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Ada lebih dari 3 kunci sukses dunia dan akhirat, tetapi 3 kunci sukses ini bisa disebut sebagi dasar dari kunci-kunci sukses lainnya, lantas apa itu 3 kunci suksesnya? kunci sukses tersebut ialah usaha, doa, dan tawakkal.

Allah SWT berfirman dalam Surat Ar-Ra’d, ayat 11,

إِنَّ اللهَ لا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ 

Artinya: “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.”

Usaha, usaha merupakan kunci sukses yang harus kita lakukan paling awal, karena ketika berusaha pasti akan mendapatkan hail, walaupun usaha tersebut belum tentu seperti apa yang kita harapkan.

Seseorang yang ingin pintar kemudian ia berusaha dengan cara teken belajar, semangat dalam mencari ilmu inshaallah ia akan menjadi pintar, begitu juga dengan sebaliknya, orang yang ingin pintar tetapi tidak ingin berusaha menjadi pintar maka ia tak akan perch menggapainya.

Allah SWT berfirman dalam Surat Al Mukmin, ayat 60: 

ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ 

Artinya: “Berdoalah kepada-Ku, Aku akan mengabulkannnya”

Doa, Doa sangatlah Penting bagi kita sebagai umat islam, bahkan dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Ya’la: disbutkan bahwa Doa adalah senjata seorang Mukmin dan tiang (pilar) agama serta cahaya langit dan bumi. 

blank

Dalam Hadist yang lain bahkan rasulullahmenganjurkan kita berdoa ketika kondisi lapang atau senang pun harus berdoa. Rasulullah bersabda, “Berdoalah kepada Tuhanmu di saat kamu senang (bahagia). Sesungguhnya Allah berkata, ‘Barangsiapa berdoa (memohon) kepada-Ku di waktu dia senang (bahagia), maka Aku akan mengabulkan doanya di waktu dia dalam kesulitan.'” (HR Ar-Rabi’)

Dari situ kita belajar bahwasannya doa adalah sesuatu yang sangat penting untuk membangun jiwa dan raga kita agar semakin dekat kepada Allah SWT. meskipun banka orang yang di luar sana yang menyatakan bahwasannya doa hanyalah sebuah ilusi yang dibuat-buat oleh manusia, atau hanya sebuah halusinani demi mennggapai sesuatu. Kita sebagi umat islam harus yakin dengan doa kita, karena kita mempunyai Allah SWT. Yang dimana Allah pasti akan memberikan yang terabit until hamba hambanya.

Allah SWT berfirman Dalam surat Ali Imran, ayat 159,:

فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ إِنَّ اللهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ 

Artinya: “Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertwakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang brtawakal pada-Nya.”

Tawakkal, tawakkal (berserah diri kepada Allah SWT.) adalah penutup bagi usaha dan doa-doa kita, kalu diibaratkan kita akan makan maka ikhtiar itu bagaikan sebuah piring atau tempat makanan. Nasinya merupakan usaha-usaha kita dan lauknya merupakan doa-doa kita. Tawakkal itu penting, karena dengan tawakkal kita belajar banyak hal, mulai dari belajar hal sabar, hingga hal semangat dalam mencapai tujuan.

Demikianlah 3 kunci sukses dunia akhirat, semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin.

(NR)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Pesantren Darunnajah Susun Protokol Menjelang New Normal

Pondok Pesantren Darunnajah Pusat dan Cabang sedang menyusun protokol kesehatan menjelang New Normal. Seperti direncanakan, pemerintah melalui Kementerian Agama  akan membuka kembali rumah ibadah dan

blank
Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor

Cerita Menarik dibalik Bulis Lail?

Adalah program jaga keamanan pesantren pada malam hari. Kalau di masyarakat biasa disebut ronda malam. Biasanya pada hari-hari aktif tugas mulia ini diamanahkan kepada beberapa