Yuk Kenali Macam-Macam Sedekah
Menu

Yuk Kenali Macam-Macam Sedekah

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Sedekah termasuk amalan yang bersifat sosial (al-muta’ddiyah). Artinya, manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh orang yang mengerjakannya, namun juga dirasakan oleh banyak orang lain.

Sedekah bisa dilakukan oleh siapapun termasuk orang yang tak berpunya sekalipun. Sebab sedekah tidak selalu berarti pemberian materi. Sedekah juga bisa bermakna pemberian yang bersifat non-materi. Semisal, membantu orang lain, menyingkirkan duri di jalan, berbicara dengan bahasa yang santun dan sopan, dan lain-lain.

Di dalam Islam sendiri, sedekah dibagi menjadi tiga jenis.

  1. Sedekah Materi, yakni seseorang dapat memberikan barang-barang miliknya kepada orang lain. Misalnya memberi uang, makanan, minuman, atau takjil berbuka puasa kepada orang-orang yang berpuasa. Hal ini pun sangat dianjurkan oleh Nabi saw. dan ia akan mendapatkan pahala puasa seperti orang yang berpuasa.

 

  1. Sedekah NonMateri, yakni seseorang dapat sedekah dengan tanpa mengeluarkan materi, tetapi dengan tenaga, pikiran, nasihat, atau sekeder senyum tulus kepada sesama saudaranya.

 

  1. Sedekah Jariyah, yakni sedekah yang terus mengalir pahalanya meskipun orang yang bersedekah telah meninggal dunia karena barang yang disedekahkan masih terus dimanfaatkan. Seperti menyedekahkan hartanya untuk membangun masjid, pesantren, pengembangan ilmu, dan fasilitas-fasiltas umum lainnya yang bermanfaat.

 

لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتَّى تُنْفِقُوا مِمَّا تُحِبُّونَ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ

Artinya:

“Kamu tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa pun yang kamu infakkan, tentang hal itu, sungguh Allah Maha Mengetahui.” (QS Ali Imran: 92)

Dan ketika kita bersedekah sebaiknya kita niatkan untuk mencari ridha Allah swt. banyak yang bersedekah karena mengharap balasan yang lebih (baik dari Allah maupun manusia).

Marilah kita hapus mindset-mindset bersedekah untuk “mendapat sesuatu”, mulailah bersedekah karena keikhlasan dan kesadaran bahwa Allah Swt telah memberi kita “lebih” sehingga sudah kewajiban kita untuk bersedekah. Bukankah dengan demikian lebih menambah rasa syukur kita bahwa Allah telah memberikan nikmat yang banyak.

(DN.COM/rizqillah)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Maklumat Pimpinan Terkait Peraturan Terbaru Kedatangan Santri

Maklumat Pimpinan Pesantren Annur Darunnajah 8 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 dan Kedatangan SantriMaklumat Pimpinan Pesantren An-Nahl Darunnajah 5 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 Dan