Menu

Workshop “Guru Bahagia Berhati Cahaya” 

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Darunnajah, 27/12 Sebanyak 70 an guru TK dan SD di bawah naungan yayasan Darunnajah mengikuti kegiatan Workshop yang diadakan oleh bagian pengembangan SDM SD Darunnajah. 
Bertempat di aula empat windu darunnajah workshop dimulai pada pukul 07.30 dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Ustadz Asro yang merupakan peserta terbaik pelatihan qiroati. 

Diawali dengan pertanyaan “Apa hubungan panca jiwa, panca bina, panca darma dan panca jangka” yang dilontarkan oleh pimpinan pesantren kepada seluruh audiens saat memulai sambutan dan pembukaan workshop. 

Salah satu peserta mencoba menjawab dengan menerangkan bahwa panca jiwa adalah dasar pembentukan karakter dalam pendidikan di pesantren meliputi keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah islamiyah dan jiwa kebebasan. 

Selanjutnya panca bina adalah nilai nilai yang harus dilaksanakan oleh seorang ustadz atau pengajar ketika sedang melaksanakan pembelajara atau pembinaan terhadap santri. Panca bina meliputi bertaqwa kepada Allah, berahlak mulia, berbadan sehat, berpengetahuan luas, serta kreatif dan terampil. 

Lebih jauh pimpinan menjelaskan tentang panca darma yaitu nilai nilai yang harus dimiliki oleh seorang alumni Darunnajah, seperti ibadah, ilmu yang berguna fi masyarakat, kader ummat, da’wah islamiyah, dan cinta tanag air serta berwawasan nusantara. 

Panca darma inilah yang saat ini sedang dipraktikan oleh santri santri yang sekarang sedang melaksanakan praktik pengabdian masyarakat (PPM) di Mukomuko Bengkulu. Para santri sedang mengabdikan diri di tengah tengah masyarakat, bagaimana seorang santri belajar dan mengamalkan ilmu yang selama ini dipelajari serta berdakwah di lingkungan masyarakat yang sesungguhnya.  

Dan yang terakhir adalah panca jangka dimana nilai nilai yang menjadi acuan para pengelola pesantren dalam memajukan dan mengembangkan lembaga pendidikan dan dakwah ini agar tetap eksis sebagai benteng pertahanan umat. 

Dengan diadakannya workshop ini diharapkan para guru mengupgrade motivasi sehingga semangat untuk mendidik dan membimbing para santri selalu terjaga. 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Yang Ditunggu Santri! Upacara Pembukaan Pramuka Mingguan

Greeting Scout! Kata tersebut merupakan salam andalan yang akrab di telinga para santri dalam kegiatan pramuka. Setelah sekian lama kegiatan ini resmi ditutup karna para