Welcome To Muharram 1434 H
Menu

Welcome To Muharram 1434 H

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Masuknya tahun baru Islam 1 Muharram 1434 Hijriyah mengandung makna penting bagi umat muslim. Berbagai kegiatan dan agenda menjadi salah satu perayaan menyambut bulan ini. Bahkan sebagian ulama mengatakan hadirnya tahun baru Islam ini hendaknya menjadi momentum guna berintrospeksi diri dalam berbagai hal.

blankDalam pelaksanaan majelis Ilmu dewan guru pesantren Darunnajah Cipining, Kamis (15/11) peserta majelis yang dipimpin oleh pengasuh pesantren, KH Jamhari Abdul Jalal Lc menemukan beberapa hadits terkait kegiatan di bulan Muharram ini sebagaimana contohnya riwayat Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu. Dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah (puasa) di bulan Allah (bulan) Muharram, dan shalat yang paling utama setelah shalat wajib (lima waktu) adalah shalat malam.“[HR Muslim (no. 1163)]

 

Sementara itu, kegiatan para santri dalam rangka merayakan 1 Muharram adalah penyelenggaraan ‘Festival Muharram’. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh santri putra-putri baik yang tinggal di dalam pesantren maupun tidak.

 

Mengawali kegiatan Muharram yang jatuh pada hari Kamis (15/11) tersebut, mereka mengikuti apel pagi yang dipimpin langsung oleh kepala biro pengasuhan santri, Ustadz Achmad Rosichin, SPdI. Dalam sambutannya tersebut, beliau memberikan arahan terkait kegiatan para santri saat itu. Kemudian beliau mengharapkan agar para santri berpartisipasi aktif sebagai tanda bahwa semangat Muharram menjadi semangat mereka untuk lebih baik.

 

Seluruh santri putra kemudian mendapatkan orientasi Muharram oleh kepala asrama putra, Ustadz Muhlisin, SHI yang bertempat di masjid. Dalam penjelasannya, Ustadz Muhlisin mengatakan bahwa dinamainya bulan Islam dengan Hijriyah karena dimulai penghitungannya sejak Hijrahnya Nabi dari Mekkah ke Madinah. Hal ini berbeda dengan penghitungan tahun Masehi yang diawali sejak lahirnya Nabi Isa.

 

Selanjutnya, festival Muharram dilanjutkan dengan kegiatan perlombaan. Begitu pula yang digendakan oleh para santri tingkat SD/MI di pesantren Darunnajah Cipining. Kegiatan perlombaan secara teknis di bawah tanggung jawab para pengurus organisasi dengan melibatkan para pembimbing dari dewan guru yang bertindak sebagai dewan juri perlombaan.

 

“Insya Allah, agenda kegiatan festival Muharram ini akan kita laksanakan hingga nanti malam. Setiap bagian dari pengurus organisasi hingga koordinator pramuka telah mempersiapkan berbagai macam lomba yang menarik. Semoga perayaan Muharram kali ini sukses dan menjadi salah satu kegiatan baik yang bisa kami lakukan” ujar Zulfa Qurrotu ‘Aini, ketua OSDC Putri.

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Pengumuman Kenaikan Kelas Annur Darunnajah 8 Cidokom TA 2019-2020

PENGUMUMAN KENAIKAN KELAS TAHUN PELAJARAN 2019/2020 BISMILLAHRRAHMANIRRAHIM SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR TMI ANNUR DARUNNAJAH 8 CIDOKOM Nomor: 74/TMI-DN8/V/2020 HASIL UJIAN AKUMULATIF SELAMA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 PONDOK PESANTREN