Search
Close this search box.
blank

Universitas Darunnajah Tingkatkan Kualitas Website dengan Pelatihan

Universitas Darunnajah Tingkatkan Kualitas Website dengan Pelatihan

blank
Pelatihan Admin Website Tahun 2023

Serang, 26 November 2023 – Universitas Darunnajah (UDN) terus berupaya meningkatkan kualitas website dan konten media onlinenya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengikuti pelatihan website bagi pengelola website dan bagian Publikasi & Dokumentasi (Pubdok) Pesantren Darunnajah pusat dan cabang.

Pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari, yaitu pada tanggal 25 -27 November 2023 di Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14, Serang, Banten. Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Ust. Deni Rusman, seorang trainer yang berpengalaman dalam Pembuatan konten dan penulisan media online.

blank

Dalam pelatihan ini, peserta mendapatkan materi mengenai Standarisasi Buletin Darunnajah, Cara mendesain buletin, tata cara penulisan artikel yang baik, seni penulisan, budaya penulisan, dan bagaimana cara memasarkan hasil artikel itu ke berbagai situs atau media sosial.

Menurut Ust.Deni Rusman, artikel atau tulisan dalam jurnalistik sangatlah penting karena tren sekarang, masyarakat Indonesia lebih banyak mencari informasi dalam media online. Oleh karena itu, penting bagi pengelola website dan bagian Pubdok UDN untuk memiliki keterampilan menulis yang baik agar dapat menghasilkan artikel yang menarik dan informatif.

Peserta pelatihan ini sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber. Mereka berharap pelatihan ini dapat meningkatkan keterampilan mereka dalam mengelola website dan menulis artikel.

Kepala divisi publikasi dan dokumentasi Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta, Ust. Abror, mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan salah satu upaya Pesantren Darunnajah untuk meningkatkan kualitas website dan konten media onlinenya. Ia berharap, dengan adanya pelatihan ini, pengelola website dan bagian Pubdok dapat menghasilkan konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Pelatihan ini merupakan salah satu upaya Pondok pesantren Darunnajah untuk meningkatkan keterampilan pengelola website dan bagian Pubdok. Kami berharap, dengan adanya pelatihan ini, website Darunnajah dapat menjadi sumber informasi yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Ust. Abror.

blank

Pada akhir pelatihan, peserta diberikan kesempatan untuk mempraktikkan materi yang telah diberikan. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok untuk membuat artikel dan Buletin serta mempresentasikannya di depan peserta lainnya.

Peserta pelatihan mengaku sangat puas dengan kegiatan ini. Mereka merasa mendapatkan banyak ilmu dan keterampilan baru yang dapat diterapkan dalam pekerjaan mereka.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami mendapatkan banyak ilmu dan keterampilan baru yang dapat kami terapkan dalam pekerjaan kami,” kata salah satu peserta pelatihan.

Materi Pelatihan

Materi pelatihan website yang diberikan kepada peserta meliputi:

  • Tata cara penulisan artikel yang baik

Materi ini membahas tentang bagaimana cara menulis artikel yang menarik dan informatif. Peserta diajarkan tentang teknik penulisan artikel yang baik, mulai dari pemilihan topik, struktur artikel, hingga gaya bahasa.

  • Seni penulisan

Materi ini membahas tentang bagaimana cara menulis artikel yang kreatif dan inovatif. Peserta diajarkan tentang teknik penulisan yang menarik perhatian pembaca, seperti penggunaan metafora, analogi, dan humor.

  • Budaya penulisan

Materi ini membahas tentang etika dan tatakrama dalam penulisan. Peserta diajarkan tentang bagaimana cara menulis artikel yang sopan dan tidak menyinggung pihak lain.

  • Pemasaran konten media online

Materi ini membahas tentang bagaimana cara memasarkan konten media online agar dapat menjangkau lebih banyak pembaca. Peserta diajarkan tentang strategi pemasaran konten media online, seperti penggunaan media sosial dan SEO.

Peserta Pelatihan

Peserta pelatihan Admin website terdiri dari pengelola website dan bagian Publikasi dan Dokumentasi (Pubdok) Universitas Darunnajah dan Pesantren Darunnajah pusat dan cabang.

Kesimpulan

Pelatihan website yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Darunnajah Pusat dan Cabang ini merupakan salah satu upaya yang baik untuk meningkatkan keterampilan pengelola website dan bagian Pubdok. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan website UDN dapat menjadi sumber informasi yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat.

Berikut adalah beberapa dampak positif yang diharapkan dari pelatihan ini:

  • Website Universitas Darunnajah akan menjadi lebih informatif dan menarik bagi pembaca.
  • Konten media online Universitas Darunnajah akan menjadi lebih kreatif dan inovatif.
  • Pengelola website dan bagian Pubdok Universitas Darunnajah akan memiliki keterampilan menulis yang lebih baik.

Universitas Darunnajah berharap pelatihan ini dapat menjadi awal dari peningkatan kualitas website dan konten media onlinenya. Universitas Darunnajah akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas website dan konten media onlinenya agar dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

 

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah