Menu

Ujian Syafahi 2014, Bekal Santri Jelajahi Dunia internasional

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

ujian-lisan-semester-1-darunnajah-2JAKARTA/dn.com – Pesantren Darunnajah tengah melangsungkan ujian lisan untuk para santri pada Tarbiyatul Mu’allimin/at Al Islamiyah (TMI) Darunnajah selevel MTs/SMP dan Aliyah/SMA. Ujian lisan ini dalam istilah pesantren bernama imtihan syafahi untuk ujian berbahasa Arab atau oral examination untuk bahasa Inggris. Ujian dilakukan dengan model wawancara kepada peserta ujian satu per satu. Bahasa yang digunakan dalam wawancara tersebut adalah bahasa Arab dan Inggris.

Ujian lisan ini berlangsung selama 4 hari, Senin – Jum’at, 12 – 16 Rojab 1435 H/12 – 16 Mei 2014. Pelaksanaannya, setiap santri peserta ujian akan dipanggil sesuai urutan nama dan nomor. Setelah memasuki ruangan, penguji akan menanyakan beberapa hal terkait berbagai macam salam dan sapaan, baru kemudian peserta diperbolehkan duduk. Bagi peserta yang belum dipanggil biasanya terlihat masih sibuk mempersiapkan berbagai macam materi dan hafalan di luar ruangan.

Ujian lisan seperti ini berlaku dari semua tingkatan kelas, dari kelas 1 hingga kelas V TMI Darunnajah. Materi ujian pun disesuaikan dengan level kelas yang meliputi muhadatsah (percakapan), pemahaman materi, menterjemahkan, dan inventarisasi kosa kata. Begitu pula dengan durasi waktu ujian, mulai 15 menit hingga 35 menit.

Semoga apa yang diujikan merupakan hasil dari proses pembelajaran oleh santri sehingga ini akan dijadikan sebagai bekal komunikasi di zaman globalisasi dan membekali mereka untuk semakin lancar dalam menjelajahi di dunia internasional.

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait