Uji Kompetensi Bahasa Arab
Menu

Uji Kompetensi Bahasa Arab

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Guna meningkatkan kemampuan berbahasa santriwati Darunnajah Cipining, terutama bahasa Arab dan Inggris, bagian bahasa OSDC (Organisasi Santri Darunnajah Cipining) menyelenggarakan uji kompetensi berbahasa, Kamis,(09/05/11).

blankDalam kesempatan ini, staf bagian bahasa, yaitu Putri Khoirunnisa, Nurmala, Ayu Febrianti dan Ina Fitria, serempak melakukan tes kemampuan berbahasa untuk para santriwati sebagaimana program kerja yang telah diputuskan. Menurut mereka, hal itu merupakan tanggung jawab yang harus ditunaikan. Uji kompetisi ini diadakan selama 1 bulan sekali guna meningkatkan wawasan dan pengetahuan bahasa santriwati terutama dalam percakapan sehari-hari.

Uji kompetisi ini di ikuti mulai dari kelas VII MTs s.d. kelas Intensif. Bagian bahasa menginginkan agar ujian ini disikapi serius oleh para santri. Maka, selama terlihat sekali keseriusan para santriwati untuk bisa menghasilkan nilai yang baik dan memuaskan. Agar memotivasi, usai ujian kompetensi ini seluruh nilai akan dipajang di papan informasi santri dan hal ini pun membuat santriwati semakin bersemangat untuk ‘Fastabiqul Khoirot’ (berlomba-lomba dalam kebaikan).

Supaya selama ujian dapat berlangsung lancar, bagian bahasa memberikan pengarahan terkait beberapa petunjuk atau teknis pengisian uji kompetensi. “Terdapat 50 soal yang harus mereka jawab dari mulai Islahul lughoh (pembenaran tata bahasa), Tarjamah (menerjemahkan), Jumlah Mufidah (membuat sebuah kalimat), dan Insya’ (membuat karangan). Semuanya tentu menggunakan bahasa Arab” ujar Putri Khoirunnisa, ketua bagian.

Walaupun dalam keadaan berpuasa tetap saja tak meruntuhkan kesemangatan para santri untuk tetap antusias menjalankan uji kompetensi ini. Apalagi dalam kesempatan kali ini dihadiri langsung oleh pembimbing bagian bahasa santri yaitu Ustadzah Sri Rahayuni.

“Kami sangat berterima kasih sekali kepada bagian bahasa yang telah bersedia mengadakan uji kompetensi ini karna sejujurnya latihan ini dapat memberikan motivasi agar kami dapat lebih giat lagi mempelajari bahasa Arab dan Inggris. Semoga dengan latihan seperti ini dapat menjadikan para santriwati untuk lebih mudah memahami dan mengerti akan ilmu-ilmu yang telah diberikan. Kami pun merasa tertantang agar bisa menghasilkan yang terbaik” kata Jihan Balqis santri kelas VII MTs usai mengikuti latihan kompetensi tersebut. (Warna/Putri Khoirunnisa)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Pesantren Darunnajah Susun Protokol Menjelang New Normal

Pondok Pesantren Darunnajah Pusat dan Cabang sedang menyusun protokol kesehatan menjelang New Normal. Seperti direncanakan, pemerintah melalui Kementerian Agama  akan membuka kembali rumah ibadah dan

blank
Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor

Cerita Menarik dibalik Bulis Lail?

Adalah program jaga keamanan pesantren pada malam hari. Kalau di masyarakat biasa disebut ronda malam. Biasanya pada hari-hari aktif tugas mulia ini diamanahkan kepada beberapa