Tips Menyenangkan Agar Pembelajaran di Rumah Lebih Nyaman

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Belajar di masa-masa pandemi Covid-19 tidak lah mudah. Sebab, proses pembelajaran dilakukan dengan cara jarak jauh, yakni belajar dari rumah masing-masing.

Mendikbud mengatakan tips yang pertama  adalah  hindari stres. Situasi saat ini memang baru terjadi dan baru dialami, maka perlu proses adaptasi.  “Ini adalah masa adaptasi. Pasti tidak mudah, penuh kebingungan, dan penuh ketidakpastian. Ini normal. Jangan khawatir,” ujar Mendikbud.

Selanjutnya adalah mengalokasikan lebih banyak waktu bagi yang tertinggal. Momen belajar dari rumah merupakan kesempatan untuk memberikan fokus yang lebih banyak kepada murid-murid yang tertinggal dalam pembelajaran saat di kelas.

“Sehingga mereka bisa lebih percaya diri ketika mereka bergabung lagi di kelas saat Covid-19 ini berakhir sehingga bisa mengejar dalam waktu ini,” tutur Mendikbud.

Beberapa tips agar sistem pembelajaran jarak jauh ini lebih efektif yaitu :

1. Ciptakan ruang belajar yang nyaman dan bersih sebelum melakukan pembelajaran secara daring.

Meski dilakukan dirumah, tentu saja pembelajaran daring harus dilakukan di tempat atau ruangan yang nyaman dan bersih. Hal tersebut dimaksudkan agar kegiatan belajar menjadi lebih fokus.

2. Persiapkan peralatan penunjang pembelajaran.

Setelah membersihkan tempat belajar tentunya para pelajar harus mempersiapkan segala sesuatu yang menunjang untuk pembelajaran daring. Tidak hanya alat elektronik penunjang, buku catatan dan buku pelajaran sekolah juga harus dipersiapkan untuk mengefektifkan pembelajaran daring.

3. Luangkan waktu untuk bersosialisasi dengan teman saat jam istirahat sekolah daring.

Untuk menghindari kejenuhan, tentu saja bersosialisasi dengan teman sekolah atau sekelas sangatlah diperlukan. Hal itu dapat dilakukan saat jam istirahat atau usai sekolah daring. Hal tersebut bertujuan agar menjauhkan rasa stres dan jenuh dari pelajar yang melakukan sekolah secara daring.

4. Jaga kesehatan selama melakukan pembelajaran dari rumah

Kesehatan tetap harus menjadi prioritas loh para pelajar. Jangan lupa sarapan dan makan makanan bergizi sebelum melakukan pembelajaran secara daring.

5. Tetap berdoa dan berusaha semampu yang kita bisa

Seperti kata pepatah “Usaha tanpa doa itu sombong, Doa tanpa usaha itu bodoh” selalu minta restu bimbingan dengan orang tua kita masing-masing agar selalu diberi kemudahan disetiap kegiatan yang kita lakukan.

(dn.com/Pers&Jurnalistik2020)

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Kegiatan Fathul Mu’jam Santri Kelas 5 TMI

Cidokom Post – Tepat Minggu (20/09), Santriwan dan Santriwati Kelas 5 TMI Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 Cidokom melaksanakan kegiatan belajar yang bernama Fathul Mu’jam.