Tips Belajar Nyaman

kegiatan belajar ala santri di pesantren

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

Sebelum kita membagi tips, kira kira apa sih manfaat belajar ? Banyak sekali manfaat belajar yaitu memberikan kesempatan bagi diri kita sendiri untuk mengembangkan apa yang kita punya dan apa yang kita peroleh. Kali ini kita akan membagikan “Tips Belajar Nyaman” ala santri.

Belajar Nyaman Di Bawah Pepohonan

 

Sebenernya semua tips belajar itu sama saja, hanya bagaimana kitanya yang bisa mengelola kenyamanannya. Berikut beberapa tips belajar nyaman ala santri :

1.Memulai dengan niat

Ketika kita belajar memulai dengan  niat maka belajar kita akan lebih mudah dan cepat masuk ke otak juga kita harus mengerjakannya semata-mata karena Allah SWT.

اِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ

2.Mencari tempat yang nyaman

Tempat juga sangat berpengaruh dengan kenyamanan belajar, di tempat belajar kita kadang menemukan banyak inspirasi dan juga ide ide baru, ataupun kita juga lebih mudah menghafal dan memahami materi-materi yang akan ataupun sudah kita pelajari.

3,Mengatur Waktu

Waktu paling baik untuk belajar itu biasanya sebelum subuh, setelah subuh, setelah ashar tetapi belajar juga bisa dilakukan setiap saat.

الْوَقْتُ أَثْمَنُ مِنَ الذَّهَبِ

4.Kenali Gaya Belajar

Gaya Belajar juga mempengaruhi dalam kenyamanan belajar, seperti kita terbiasa dengan buku yang di coret-coret agar kita mengerti maksud dari pelajaran itu, namun ada juga yang nyaman belajar dengan buku bersih agar terlihat nyaman dan bersih.

5.Mempunyai Teman Yang Support

Teman adalah satu faktor terpenting dalam belajar. Contoh kita sedang dalam masa ingin ujian dan ada teman yang rajin belajar, ketika kita ikut berteman dan bergaul dengan dia, kita akan terbawa rajin sama seperti dia, begitu juga sebaliknya, jika kita berteman dengan orang malas, maka kita akan terbawa malas.

6.Belajar Secara Berkelompok

Ini juga bisa mempengaruhi kenyamanan kita, karena jika kita belajar dslam berkelompok kita akan mengetahui banyak hal yang belum kita ketahui, karena ketika kita tidak mengerti mungkin ada teman yang mengerti dan langsung mengshare yang dia ketahui.

7.Mengerti dan Menghafal

Dua hal ini sangat dibutuhkan oleh santri. Karena jika kita menghafal kita akan mudah untuk mengingat pelajaran yang kita lupa, dan juga ketika kita mengerti atau memahami itu akan membantu kita untuk mengingat apa yang kita sudah pelajari.

Berikut adalah tips belajar nyaman ala santri, semoga tips ini bisa membantu kalian yang belum mempunyai kenyamanan dalan belajar.

 

Ratu Zahratun Nida DN 9

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah

Info Lainnya