Salah satu pemicu ketakutan santri dalam ujian adalah belum menghafal pelajaran yang akan di ujikan, Nah dalam kesempatan kali ini kita akan mengupas tuntas tentang bagaimana cara menghafal cepat dan efektif khususnya dalam menghafal pelajaran.

Baik berikut adalah beberapa cara yang dapat meudahkan kita dalam menghafal pelajaran:

  1. Atur meja di dalam kelas
    Sebelum kiita memulai pelajaran ada nbaiknya kita terlebih dahulu merapihkan meja yang ada di dalam kelas, Karena dengan keadaan meja yang rapih dan nyaman dapat membuat kita nyaman jga dalam belajar dan hal ini dapat membuat hati kita nyaman, pikiran tenang dan siap untuk menerima ilmu baru.

 

  1. Teknik Mnemonic

Teknik mnemonic adalah kemempuan otak untuk merangkai kata-kata, ide dan khayalan. Konsep mnemonic menerjemahkan informasi ke dalam bentuk alternatif yang bisa memundahkan kita dalam mengingat pelajaran. Mnemonic menjadi teknik untuk memudahkan mengingat sesuatu.

  1. Hafalkan Satu Pelajaran terlebih dahulu

Untuk meningaktakan kefokusan dalam belajar maka disanrankan untuk memfokuskan untuk mempelahri pelajaran yang termudah terlebih dahulu, karena otak cenderung lebih focus dan lebih efektif jika memulai pekerjaan satu demi satu.

 

  1. Tidur Malam yang baik

IStirhat yang baik adalah salah satu faktor dalam kesuksesan memulai pekerjaan, karena stamina yang cukup dapat menambah kefokusan dalam mengerjakan sesuatu, istirahat dalam waktu lama bukan berarti cukup karena istirahat cukup adalah istirahat yang berkualitas.